Pemain dengan Nilai Transfer Termahal Liga 1 2020 -->

Pemain dengan Nilai Transfer Termahal Liga 1 2020

Abd. Khaliq Mukthi
Minggu, 15 Maret 2020

Bola.eMadura.com - Liga 1 Indonesia sudah bergulir 2 pekan. Bursa transfer pemain di awal musim pun juga sudah ditutup.

Melihat dari perkiraan nilai transfer di situs Transfermrkt(.)com, terlihat banyak pemain asing yang baru didatangkan ke Liga Indonesia. Beberapa pemain asing bahkan memiliki market value yang tinggi.

Meski yang tertera di Transfermrkt bukan nilai asli, nilai tersebut terbilang mendekati. Berikut ini daftar 10 pemain asing termahal di Liga 1 2020:

Brwa Nouri (Bali United)

Nilai transfer Brwa Nouri mencapai 600 ribu Euro atau Rp 9,2 miliar rupiah. Meski masih menduduki nilai transfer tertinggi, nilai tersebut mengalami penurunan dari nilai sebelumnya drngan nominal 650 ribu Euro.

Brwa Nouri merupakan pemain berkebangsaan Iran dengan posisi sebagai Gelandang. Bali United mengimpor pemain berusia 33 tahun ini dari Östersunds FK, klub asal Swedia. Meski berstatus sebagai gelandang, ia cukup produktif mencetak gol, terutama saat memperkuat Dalkurd FF.

Marko Simic (Persija Jakarta)

Posisi pemain termahal Liga 1 2020 ditempati oleh Marco Simic. Pemain Persija asal Kroasia itu memiliki nilai transfer 550 ribu Euro atau Rp 8,5 miliar.

Pada musim lalu, penampilan Marco Simic cukup impresif. Ia berhasil menjadi top scorer, sehingga Simic memang pantas memiliki nilai tersebut. Sebagai catatan, Marco Simic sudah bergabung dengan Persija Jakarta sejak 2017.

Matias Malvino (Arema FC)

Posisi ketiga ditempati bek Arema FC, Matias Malvino. Nilai tranfer Matias mencapai 500 ribu Euro atau Rp 7,8 miliar.

Matias merupakan pemain kebangsaan Uruguay. Ia merupakan pemain bek tengah Arema FC. Ia cukup disiplin mengamankan area pertahanan Arema FC.

Jaimerson Xavier (Madura United)

Pemain bek Madura United ini menempati posisi ke-4 pada deretan nilai transfer termahal Liga 1 2020. Nilai Xavier saat ini ialah sebesar 475 ribu Euro atau 7,5 Milyar rupiah.

Pemain berusia 30 tahun ini berkebangsaan Brasil, dan merupakan pemain Bek Tengah. Sebelumnya (2017-2019), Jaimerson Xavier memperkuat Persija Jakarta dan menyumbangkan 7 gol.

Selain Jameirson, Nick Kuipers (Persib Bandung), Makan Konate (Persebaya Surabaya), Ezechiel N'Douassel (Bhayangkara FC) memiliki nilai transfer market yang sama; 475 ribu Euro atau 7,5 Miliar Rupiah.

Willian Pacheco (Bali United)
Willian Pacheco menjadi pemain kedua Bali United dengan nilai transfer termahal. Untuk bisa memainkan Willian, saat ini diperkirakan sebuah klub harus membayar 450 ribu Euro atau 7,1 M.

Pemain yang memiliki nilai transfer yang sama ialah Petteri Pennanen (Tira Persikabo) dan Wiljan Pluim (PSM Makassar).

Itulah pemain asing Liga 1 2020 dengan nilai transfer yang cukup fantastis. Dengan memegang 2 pemain mahal, tak heran bila Bali United menjadi klub dengan nilai keuangan termahal.

Untuk pemain lokal yang masuk 20 besar pemain termahal hanya Stefano Lilipaly (Bali United) dan Febri Hariyadi (Persib Bandung).

Dikutip dari Tempo.co, Stefano Lilipaly berada di posisi 12 dengan nilai transfer kurang lebih 425 ribu Euro atau Rp 6,7 miliar. Sedangkan Febri Hariyadi berada di posisi ke-17 dengan 400 ribu Euro atau Rp 6,3 miliar Rupiah. Sisanya di 20 besar, dihuni oleh pemain asing.