3 Produk Ini Tidak Boleh Menjadi Sponsor Liga 1 2020

3 Produk Ini Tidak Boleh Menjadi Sponsor Liga 1 2020

Abd. Khaliq Mukthi
Rabu, 04 Maret 2020

Liga Indonesia - Shopee Liga 1
Bola.eMadura.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menerapkan aturan ketat terkait dengan sponsor klub. PT LIB menegaskan, semua klub yang tampil di kompetisi resmi LIB dilarang menjalin kerja sama komersial dengan 3 produk. 3 produk tersebut ialah situs judi, minuman beralkohol dan rokok.

Aturan tersebut ditegaskan PT LIB dalam surat edaran bernomor 103/LIB/II/2020. isinya terkait Penegasan Implementasi Peraturan Nasional tentang Sponsor Industri Olahraga yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT LIB, Cucu Soemantri pada Selasa (25/2/2020).

Hal ini membuat 2 klub terpaksa mengganti sponsor utama tahun ini. Tira Persikabo dengan jelas memasang logo sponsor Judi Online "Sbotop" di jersey terbaru mereka.

Klub kedua ialah Persib Bandung. Klub kesayangan Bobotoh ini juga terkena dampak aturan PT LIB karena memasang logo "Pria Punya selera". Kita ketahui bersama bahwa kata-kata tersebut merupakan jargon produk rokok.

Akun instagram Pengamat Sepak Bola memberikan dukungan atas keputusan PT LIB terkait sponsor klub ini. Ia menilai hal ini sebagai sebuah ketegasan.

Meski demikian, beberapa netizen menilai justru produk tersebut yang berani membayar mahal. "Padahal itu yg brani bayar gede," tulis @senna_ekha dalam sebuah komentar di postingan akun Instagram Pengamat Sepak Bola.

Akun Instagram @indomiegorengtelok bahkan menulis komentar satire "Kapan majunya kalo sponsor nya permen karet".