Stadion Markas Persik Kediri Belum Layak Untuk Pertandingan Liga 1

Stadion Markas Persik Kediri Belum Layak Untuk Pertandingan Liga 1

Unzilatur Rahmah
Jumat, 13 Desember 2019

Stadion Brawijaya Kediri
Bola.eMadura.com - Stadion Brawijaya Kediri belum memenuhi standard minimum untuk melaksanakan pertandingan Liga 1. Lampu stadion markas Persik Kediri ini belum memenuhi standar minimun yang ditentukan PT. Liga Indonesia Baru untuk Liga 1.

Seperti kuta ketahui bersama, Persik Kediri menjadi juara Liga 2 2019 sekaligus menjadi salah satu tim promosi Liga 1 2020. PT. LIB pun melakukan verifikasi terhadap markas Persik Kediri, Stadion Brawijaya.

Dilansir bola.com, Supervisor Kompetisi PT. LIB, Somad, bersama staf Syahrur Romdhoni, mendatangi markas Persik Kediri, Stadion Brawijaya. mereka datang untuk melakukan penghitungan titik lampu di stadion kebanggaan warga Kota Kediri itu, Senin (9/12/2019).

Dari hasil verifikasi PT LIB, penerangan Stadion Brawijaya belum memenuhi standar kelayakan minimun untuk menggelar laga Liga 1 di malam hari.

"Kami hanya dapat angka 300 lux. Nilai ini sangat jauh dari batas minimum yang disyaratkan PT LIB. Standar kami untuk pertandingan malam hari, di angka 800 lux. Sementara batas maksimal 1.200 lux. Jadi, pihak Persik harus menambah 500 lux untuk memenuhi standar terendah," tutur Somad dilansir bola.com.

Sejauh ini, hanya itu kekurangan yang dimiliki markas Persik Kediri. Pihak PT LIB pun memberikan kesempatan yang panjang kepada pihak manajemen untuk memenuhi standar lampu yang sudah ditentukan.

"Tenggat untuk Persik, satu atau dua pekan sebelum kick-off Liga 1 2020. Soal waktu perbaikan, kami serahkan kepada Persik. Lebih cepat lebih baik. Jika mereka sudah benahi lampunya, kami akan memverifikasi lagi," katanya dikutip bola.emadura.com dari bola.com.

Pihak verifikator juga tidak menentukan jenis lampu yang harus ditentukan. Soal jenis lampu, dipasrahkan kepada pihak manajemen dengan mempertimbangkan pendapat ahli.

"Status kami hanya memverifikasi. Kami tak berhak menentukan jenis lampunya. Saya kira ada ahlinya sendiri untuk masalah penerangan," ujar Somad.

Harapan besar PT LIB, pihak manajemen Persik Kediri bisa meningkatkan kualitas lampu penerangan Stadion Brawijaya secepatnya. Sehingga di musim depan, persik Kediri tidak harus melanglang buana ke stadion tetangga.

Terlebih mengingat, gelaran Liga 1 diharapkan menjadi tontonan menarik bagi masyarakat sekitar. Khususnya masyarakat Kediri yang merupakan tuan rumah Persik Kediri.