Mendapat Amanah di AFC, Bukti Kualitas Pelatih Indra Sjafri -->

Mendapat Amanah di AFC, Bukti Kualitas Pelatih Indra Sjafri

Unzilatur Rahmah
Jumat, 13 Desember 2019

Bola.eMadura.com - Kabar membanggakan datang dari pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri. Indra Sjafri dipercaya menjadi anggota komite tehnik AFC.

Komite tehnik AFC tersebut dipimpin oleh Kohzo Tashima yang berasal dari Jepang. Dalam komite tersebut, ada 2 orang yang berasal dari zona Asia Tenggara.

Selain Indra, Withaya Laohakul dari Thailand juga menjadi anggota komite tehnik yang mewakili AFF di AFC. Anggota komite tersebut total berjumlah 14 orang.

Penunjukkan Indra Sjafri ini tentu saja bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi dunia sepak bola Indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa AFC mengakui kualitas Indra Sjafri yang selama ini selalu dipercaya menangani skuad Garuda Muda.

Indra Sjafri memulai karir di dunia sepak bola bersama PSP Padang Junior. Ia direkrut klub tersebut karena melihat bakatnya sejak masih SMA. Ia juga melanjutkan karir senior di klub yang sama.

Sebelum berkarir di PSSI, Indra Sjafri pernah menjadi karyawan PT. Pos Indonesia Padang. Sejak Mei 2009, ia mulai bekerja di PSSI sebagai instruktur dan pemandu bakat.

Prestasi Timnas Indonesia U-19 yang meraih gelar juara AFF U-19 2013 membuat nama Indra Sjafri mulai dikenal masyarakat Indonesia, khususnya penyuka sepak bola. Gelar ini yg pertama kali bagi Timnas U-19 setelah kurun waktu 22 tahun.

Masyarakat mulai menyukai Indra Sjafri karena mampu membawa perubahan di sepak bola Indonesia.

Namun pelatih kelahiran 2 Februari 1963 ini sempat dipecat dari PSSI pada 2014. Ini disebabkan dirinya gagal membawa Timnas Indonesia U-19 ke Piala Dunia U-20 2015 FIFA. Padahal waktu itu, Timnas U-19 sudah berhasil masuk putaran final. Skuad Garuda Muda bahkan mampu mengalahkan tim Korea Selatan (tim juara 12 kali AFC U-19).

Pemecatan Indra Sjafri membuat PSS menuai kritikan dan kecaman dari masyarakat. Setelah itu, Indra Sjafri direkrut kembali ke PSSI.

Pelatih dua anak tersebut saat ini sudah mengantongi lisensi AFC Pro. Lisensi tersebut merupakan lisensi kepelatihan tertinggi di AFC.