Bonek Menggugat Hukuman yang Diberikan Komdis PSSI Terhadap Persebaya

Bonek Menggugat Hukuman yang Diberikan Komdis PSSI Terhadap Persebaya

Unzilatur Rahmah
Jumat, 13 Desember 2019

Bola.eMadura.com - Bonek selaku pendukung setia Persebaya Surabaya tidak terima atas sanksi yang diberikan Komdis PSSI. Upaya banding pihak manajemen juga ditolak oleh Komisi Banding.

Salah satu tokoh Bonek, dalam hal ini Andie Peci, memprotes hukuman yang dijatuhkan oleh komisi disiplin (komdis) PSSI dan penolakan banding Persebaya oleh komite banding (komding) PSSI. Hal ini terkait hukuman larangan bertanding tanpa penonton dalam laga home-away hingga akhir musim yang mereka jatuhkan ke Persebaya Surabaya.

Menurut Andie Peci, sanksi yang diterima Persebaya tidak berdasarkan fakta dan hukum. Sehingga menurutnya, sanksi tersebut harus dibatalkan.

"Putusan komdis dan komding PSSI melampaui wewenang (ultra vires) yakni memberikan sanksi pada suporter Persebaya. Sedangkan definisi mengenai suporter tidak diatur baik di dalam statuta PSSI maupun kode disiplin PSSI," kata Andi Peci pada Minggu (8/12/19) dikutip dari indosport.com.

Atas dasar pendapatnya itu, Andie Peci menegaskan kalau pemberian sanksi tersebut bukan ranah PSSI. Sehingga menurutnya, Bonek tidak harus patuh terhadap putusan Komdis dan Komding PSSI.

Selain itu, Andie Peci menambahkan, ada perbedaan antara hukuman Persebaya dan Persela. Padahal jenis pelanggaran dua kelompok suporter tim ini sama, yakni masuk ke dalam lapangan.

"Ada disparitas putusan komdis PSSI antara putusan yang dijatuhkan terhadap Persebaya dengan Persela. Di mana dalam peristiwa tersebut suporter masuk ke dalam lapangan dengan maksud dan tujuan memprotes performa tim," lanjutnya dikutip dari indosport.com.

Kalau dilihat perbedaannya, pelanggaran suporter Persebaya menurutnya lebih ringan. Bonek masuk lapangan saat pertandingan berakhir.

Sedangkan suporter Persela masuk lapangan saat pertandingan masih berlangsung. Sehingga menyebabkan laga Persela vs Badak Lampung FC ditunda selama hampir 1 jam.

"Putusan Komding PSSI sangat tidak adil bagi Persebaya. Karena menghukum suporter Persebaya larangan tanpa penonton saat home dan away sampai akhir musim. Sedangkan Persela hanya dihukum larangan penonton saat away saja," kata Andi Peci dari indosport.com dengan nada memprotes.

Berdasarkan fakta yang dipaparkan Andi Peci, mewakili Bonek, ia menghimbau agar Komdis/Komding PSSI mencabut dan membatalkan keputusannya dalam waktu 3 hari. Kalau dalam waktu 3 hari belum juga ada tindak lanjut, pihak Bonek akan mengajukan tuntutan hukum.