Usai Bawa Timnas U-19 ke Final Piala Asia 2020, Pelatih Fakhri Husaini Pamit

Usai Bawa Timnas U-19 ke Final Piala Asia 2020, Pelatih Fakhri Husaini Pamit

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 16 November 2019

Foto: instagram pengamat sepakbola
Bola.eMadura.com - Fakhri Husaini berhasil menghantarkan Timnas Indonesia U-19 ke putaran final Piala Asia 2020 di Uzbekistan. Skuad Bagus-Bagas dkk berhasil lolos setelah mampu menahan imbang Timnas Korea Utara.

Indonesia berhasil keluar sebagai juara group K pada Kualifikasi Piala Asia 2020 pada 6-10 Nopember lalu. Timnas Indonesia U-19 mencatat 2 kali menang dan 1 kali imbang.

Namun pasca keberhasilannya dalam mengasuh Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini justru pamit keluar dari tim. Hal ini dikarenakan kontraknya bersama Timnas Indonesia U-19 berakhir setelah Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 usai.

Hingga berakhirnya Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, PSSI belum memperpanjang kontrak Fakhri Husaini.

Situasi ini membuat Fakhri harus pulang dulu ke Bontang dan melanjutkan pekerjaannya sebagai karyawan PT Pupuk Kaltim.

"Bukan pamit, bahasanya begini, saya harus realistis menyampaikan bahwa tugas saya selesai," kata Fakhri Husaini dikutip dari BolaSport.com.

"Kalau tak pamit mau apa lagi? Masa saya masih mengaku-ngaku terus (sebagai pelatih timnas U-19 Indonesia). Itu bahasa kontrak," ujarnya menjelaskan.

"Tugas saya sudah selesai karena kemarin pada saat izin dari perusahaan (Pupuk Kaltim) hingga kualifikasi juga sesuai dari permintaan PSSI," katanya lagi dikutip dari BolaSport.com.

Terkait masa depan Timnas Indonesia U-19. Fakhri menyatakan masih bersedia kembali bekerja sama dengan PSSI, bila di kemudian hari masih diberi kesempatan untuk melatih Timnas Indonesia U-19.

Apalagi ke depan, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Putaran Final Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

Dimana besar kemungkinan, skuad Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021 ialah tim dari Timnas Indonesia U-19 saat ini.

Hingga saat ini, PSSI belum memberikan kepastian terkait masa depan Fakhri Husaini sebagai pelatih timnas U-19 Indonesia. Apakah kontraknya akan diperpanjang atau tidak.

Menanggapi berakhirnya kontrak Fakhri Husaini, netizen memberi dukungan agar ia tetap melatih Timnas Indonesia U-19.

"Wah ini harus dipertahankan jelas lah sama PSSI.. Klo sampai dilepas, rugi bgt" tulis akun Instagram Pengamat Sepak Bola.

Di kolom komentar, akun instagram el_satyaa menulis dukungan agar mempertahankan Fakhri Husaini.

"Pertahankan boss," tulisnya sambil menyebut akun instagram @ratu.tisha @mochamadiriawan84 @officialpssi dan @coachfakhri.