Pencarian Pelatih Baru Timnas Indonesia: Shin Tae-yong Kandidat Terkuat, Supporter Inginkan Luis Milla

Pencarian Pelatih Baru Timnas Indonesia: Shin Tae-yong Kandidat Terkuat, Supporter Inginkan Luis Milla

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 16 November 2019

Garuda Indonesia
Bola.eMadura.com - Timnas Indonesia senior tengah mencari pelatih baru pengganti Simon McMenemy. PSSI terpaksa mengakhiri kontrak dengan pelatih asal Skotlandia ini karena hasil buruk Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Laga Indonesia vs Malaysia pada Selasa (19/11/2019) mendatang sebetulnya merupakan laga terakhir Simon McMenemy bersama Timnas Indonesia. Tetapi ternyata ia hanya akan hadir memberikan dukungan dari kursi penonton.

Sementara mengisi kekosongan kursi pelatih, PSSI mendaftarkan Yeyen Tumena sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia jelang pertandingan melawan Malaysia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dilansir bola.com, Shin Tae-yong menjadi kandidat terkuat untuk menjadi pelatih baru Timnas Indonesia saat ini.

Muncul 2 nama sebagai kandidat terkuat pelatih Timnas Indonesia. 2 nama tersebut ialah Luis Milla Aspas dan Shin Tae-yong.

Luis Milla merupakan pelatih asal Spanyol yang sebelumnya juga pernah melatih Timnss Indonesia. Namum PSSI tidak memperpanjang kontraknya setelah berakhir pada akhir tahun 2018 lalu.

Sedangkan Shin Tae-yong merupakan mantan pelatih timnas Korea Selatan. Sebelum menjadi pelatih, ia juga pernah berkarir sebagai pemain Timnas Korea Selatan.

Dikutip dari Bola.com, tampaknya PSSI tidak akan mengontrak Milla kembali. Penyebabnya diduga lantaran nilai kontrak Milla yang terbilang mahal.

Kalau mengacu pada nama yang mencuat, Shin Tae-yong otomatis menjadi kandidat terkuat pelatih Timnas Indonesia sementara ini.

Diberitakan bola.com, pelatih Shin Tae-yong akan memberikan pemaparan kepada pengurus PSSI di Malaysia, sekaligus akan menyaksikan langsung laga Indonesia vs Malaysia.

Seakan memberikan sinyal positif, Shin Tae-yong juga dikabarkan telah menolak tawaran melatih klub asal Jepang.

Namun supporter Timnas Indonesia lebih berharap PSSI kembali mengontrak Milla. Masyarakat menilai, mantan pemain Barcelona dan Real Madrid tersebut sudah membuat gaya bermain Timnas Indonesia menjadi lebih baik.

Setidaknya, Milla mampu memberikan medali perunggu SEA Games 2017 dan membawa Timnas Indonesia U-23 hingga babak 16 besar Asian Games 2018.

Charis Yulianto selaku mantan pemain belakang Timnas Indonesia juga berharap Luis Milla kembali melatih Skuad Garuda.

Charis menilai, Luis Milla lebih cocok menjadi pelatih Timnas Indonesia. Menurutnya, Milla juga memiliki program yang bagus terkait pembinaan sejak usia dini.

Menanggapi hal ini, Sekjen PSSI Ratu Tisha menegaskan, PSSI akan melakukan seleksi. Keputusan akan diambil secara faktual dan objektif.

"PSSI telah menjelaskan beberapa kali dalam kesempatan yang berbeda-beda, bahwa soal pelatih timnas senior, keputusannya jelas bahwa kami akan melakukan seleksi, menilai dua atau lebih kandidat pelatih, melalui presentasi program mereka. Keputusan akan diambil secara faktual dan objektif," jelas Tisha dilansir bola.com.