Alfin Farhan Lestaluhu, Pemain Timnas Indonesia U-16 Yang Wafat di Usia Muda

Alfin Farhan Lestaluhu, Pemain Timnas Indonesia U-16 Yang Wafat di Usia Muda

Unzilatur Rahmah
Minggu, 03 November 2019

Alfin Farhan Lestaluhu
Bola.eMadura.com - Berita duka datang dari sepak bola nasional. Salah satu pemain Timnas Indonesia U-16, Alfin Farhan Lestaluhu, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (31/10/2019).

Alfin Lestaluhu meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta. Dilasir laman resmi PSSI, Alfin didiagnosis menderita penyakit encephalitis (infeksi otak) dengan
hypoalbumin.

Menurut sumber berita tersebut, Alfin memang sudah mengeluh sakit kepala sejak September lalu. Alfin bahkan sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

Alfin Lestaluhu meninggal dunia pada usia 15 tahun. Tentu di usianya yang masih sangat muda.

Alfin Lestaluhu merupakan 1 dari sekian banyak pemain berbakat asal desa Tulehu, Maluku. Daerah yang memang sudah sejak lama dikenal sebagai 'rahim subur' pemain sepak bola berbakat di kancah nasional.

Dikutip dari Kompas.com, Alfin merupakan pemain tim nasional Indonesia U-16 yang lahir pada 1 September 2003 di Tulehu, Maluku. Sebelum memperkuat timnas U-16, ia meniti karier di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan, Jakarta

Di Timnas Indonesia U-16, Alfin mendapat posisi sebagai bek kanan. Ia dipercaya mengawal barisan pertahanan.

Meskipun berada di posisi sebagai pemain bertahan, permainan Alfin cukup dinamis selama di Timnas Indonesia. Alfin berhasil menyumbangkan satu gol saat Timnas Indonesia menang atas Filipina dalam ajang Piala AFF U-16 2019.

Dikutip dari halaman Kompas.com, Alfin menjalani debut internasional ketika mendapat kesempatan bergabung dengan Timnas Indonesia pada 2019. Saat itu Timnas Indonesia U-16 tengah menyiapkan komoetisi pada ajang Piala AFF U-16 2019.

Pada turnamen debutnya itu, ia berhasil membawa Garuda Muda menjadi juara ketiga setelah mengalahkan Thailand.

Perjuangan Alfin dalam mengharumkan nama Indonesia di kancah sepak bola berlanjut saat kualifikasi Piala Dunia U-16 2020.

Indonesia lolos pada final AFC U-16 2020 sebagai runner-up di babak kualifikasi. Dalam perjuangan Alfin Lestaluhu ini, Indonesia sekaligus menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggala yang akan berlaga di Piala Dunia U-16 2020.

Namun perjuangan Alfin Farhan Lestaluhu harus berakhir. Remaja asal Ternate Ambon ini harus menyudahi perjuangannya sebagai pemain Timnas Indonesia U-16.

Selamat jalan Alfin. Jasamu bagi sepak bola Indonesia akan dikenang selalu.