Prediksi Juara Shopee Liga 1 2019: Bali United Punya Peluang Juara, Posisi Runner Up Masih Diperebutkan

Prediksi Juara Shopee Liga 1 2019: Bali United Punya Peluang Juara, Posisi Runner Up Masih Diperebutkan

Mohammad
Jumat, 04 Oktober 2019

Kontes blog shopee liga 1
Prediksi Juara Shopee Liga 1
Bola.eMadura.com - Shopee Liga 1 2019 memasuki detik-detik akhir. Hingga saat ini, hanya tersisa tidak sampai 10 pekan pertandingan.

Dari 34 pekan terjadwal, pertandingan telah sampai pada pekan ke-27. Artinya, hanya tersisa 7 pekan pertandingan lagi, juara Liga 1 2019 akan segera ditentukan.

Berbicara soal calon juara, Bali United masih menjadi kandidat terkuat juara Liga 1 2019 hingga pekan ke-27. Tren permainan positif dan tak terkalahkan hingga beberapa pekan pada putaran pertama, membuat Bali United mendapat hasil yang baik di paruh musim.

Berdasarkan klasemen sementara Liga 1 2019 sampai pekan ke 28, Bali United masih betengger di papan atas dengan 56 poin. Sehingga prediksi kami, Bali United akan menjadi juara Shopee Liga 1 2019.

Pasalnya, tim dibawahnya terpaut poin cukup jauh dengan Bali United. Sehingga hanya Bali United yang hingga detik ini masih memiliki peluang besar untuk menjadi juara Liga 1 2019.

Itupun, Bali United masih dijadwalkan melakoni dua pertandingan tertunda sebelum memasuki pekan ke-28 pada 20 September mendatang. Dua laga tertunda Bali United ialah melawan Persipura Jayapura dan PSIS Semarang.

Jauh hari, Robert Rene Alberts bahkan sudah memprediksi bahwa Bali United akan menjadi juara Shopee Liga 1 2019.

Prediksi ini ia sampaikan pada Selasa (23/07/2019) menjelang laga Liga 1 2019 pekan ke-11 yang mempertemukan Persib Bandung vs Bali United, Jum'at (26/07/2019). Rene Alberts menyampaikan hal itu dengan statusnya sebagai pelatih Persib Bandung.

Menurut Albert, Bali United menjadi tim yang bermain menyerang dengan baik pada putaran pertama Liga 1 2019. Tim ini menurutnya memiliki sistem penyerangan yang kuat.

Sampai pekan ke-27, Bali United telah meraih 17 kali kemenangan dari 25 pertandingan. Sisanya, 5 kali berakhir imbang dan hanya mengalami 3 kali kekalahan. 2 laga tunda bisa saja semakin melanggengkan posisi Bali United di papan atas klasemen.

Klub yang posisinya berada di bawah Bali United ialah Persib Bandung (37 poin), Tira Persikabo (38), PSS Sleman (40), Arema FC (41), Borneo FC (42), Persipura Jayapura (43) dan Madura United (44).

Semua tim ini masih memiliki peluang yang sama untuk menjadi runner-up atau bahkan juara Liga 1 2019.

Dengan catatan, tim ini harus terlebih dahulu mampu menyusul perolehan poin Bali United. Untuk kemudian bisa bersaing sebagai calon juara.

Madura United yang berada tepat di bawah Bali United pada klasemen sementara pekan ke-27, terpaut poin cukup jauh. Bali United dengan 56 poin dan Madura United dengan 44 poin. Itu artinya 12 poin harus diraih Madura United untuk bisa mengejar ketertinggalan dari Bali United.

Untuk bisa mengejar poin Bali United, Laskar Sape Kerrab harus memenangkan 4 kali pertandingan sambil berharap Bali United mengalami kekalahan di 4 pertandingan pula.

Kalau melihat performa Bali United di putaran kedua tidak konsisten seperti saat putaran pertama, menyusul poin Bali United bagi tim yang lain bukanlah hal yang tidak mungkin.

Dari 9 pertandingan pada putaran kedua, Bali United meraih kemenangan sebanyak, 4 kali 1 kali kalah dan 4 kali imbang.

Hanya saja, Bali United bukanlah tim yang bisa dianggap remeh. Tim berjuluk Serdadu Tridatu ini sudah pasti merupakan tim kuat Liga 1 Indonesia. Buktinya, ia bisa duduk di puncak klasemen sementara.

Seakan sudah disetting, pertandingan terakhir Bali United di pekan ke-34 akan bertemu dengan Madura United. Tim yang sejak awal putaran kedua, sudah membayang-bayangi Bali United di posisi puncak klasemen.

Kalau Madura United atau tim yang lain gagal menyusul poin Bali United, laga terakhir atau final Liga 1 2019 sepertinya tidak akan terlalu seru. Karena juara Liga 1 2019 sudah diketahui dengan pasti bahkan sebelum laga terakhir berlangsung.

Ini mengingat perhitungan juara Liga 1 saat ini menggunakan sistem akumulasi poin. Bukan menggunakan sistem gugur.

Akan berbeda ceritanya bila Madura United atau tim yang lain mampu menyusul jumlah poin Bali United. Pertandingan final akan memiliki daya tarik tersendiru.

Dengan hasil yang baik di putaran pertama, Bali United menjadi salah satu tim yang nyaris tidak melakukan perombakan tim pada paruh musim. Dengan pemain yang ada, pelatih Bali United meyakini bisa memperoleh hasil yang baik pula di putaran kedua.

Keputusan tidak merombak tim ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bali United. Mengingat tim-tim yang lain, memanfaatkan paruh musim untuk melakukan perombakan besar-besaran.

Hasil baik yang diraih Bali United juga membuat 5 tim sudah bisa dipastikan tidak bisa menyusul. Lima tim tersebut ialah PSIS, Perseru Badak Lampung FC, Persela Lamongan, Kalteng Putra, dan Semen Padang.

Lima tim yang berada di dasar klasemen sementara liga 1 2019 pekan ke-27 sudah pasti gagal meraih gelar juara karena tidak mungkin bisa menyusul perolehan poin Bali United.