Ini Dia Sosok Menpora yang Baru: Selamat Datang di Sepak Bola Indonesia Pak Men!

Ini Dia Sosok Menpora yang Baru: Selamat Datang di Sepak Bola Indonesia Pak Men!

Mohammad
Minggu, 27 Oktober 2019

Zainudin Amali - Foto: Tempo.co
Bola.eMadura.com - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia usai digelar. Kabinet juya sudah dibentuk. Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga baru periode 2019-2024.

Dilansir dari Kompas.com, Zainudin Amali merupakan ketua DPP Golkar periode 2014-2019. Ia juga merupakan anggota DPR RI selama empat periode. Selama di DPR RI, iamenempati berbagai komisi.

Pada periode 2014-2019, ia berada DPR RI Komisi II yang mengurus Pemerintahan Dalam Negeri  Otonomi Daerah, Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, serta Pertanahan dan Reforma Agraria.

Pria kelahiran Gorontalo, 16 September 1962 yang merupakan mantan aktivis 90-an ini, juga seorang pengusaha.

Dikutip dari kompas.com, sebelum terjun ke dunia politik, Zainuddin pernah memimpin sejumlah perusahaan. Diantara perusahaan yang pernah ia pimpin ialah PT Putra Mas, PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, PT Gitrana Sendiko, PT Surya Terang Agung, PT Makmur Triagung, dan PT Supra Dinakarya.

Di bidang olahraga, dikutip dari katadata.com, Zanuddin Amali merupakan sosok penggila sepak bola. Semasa menjadi mahasiswa, Zainuddin aktif di dunia sepak bola.

Zainudin mendirikan Liga Mahasiswa pada era 1980-an bersama tujuh rekannya. Liga Mahasiwa ini mem-prasyaratkan pemainnya tidak boleh bermain di klub professional maupun amatir.

Namun setelah itu, Zainuddin tidak memilih sepak bola sebagai karirnya. Ia memilih menjadi pengusaha dan politikus. Namun kesukaan terhadap sepak bola, tidak hilang sepenuhnya.

Kehadiran Zainuddin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga diharapkan mampu memperbaiki dunia olahraga Indonesia yang carut-marut, khususnya sepak bola.