2 Klub Papan Atas Liga 1 2019 Ajukan Banding Terkait Lisensi AFC

2 Klub Papan Atas Liga 1 2019 Ajukan Banding Terkait Lisensi AFC

Unzilatur Rahmah
Kamis, 24 Oktober 2019

Logo Liga 1 2019
Bola.eMadura.com - Verifikasi lisensi AFC (Asian Football Confederation) telah selesai. Sayangnya lisensi 2 klub yang kini berada di pemuncak klasemen Liga 1 2019 ternyata tidak sesuai harapan.

Pengajuan lisensi Madura United dinyatakan 'rejected' (ditolak). Sedangkan Bali United berstatus 'Granted with Sanction' (Lolos Bersyarat). Padahal 2 tim tersebut saat ini berada di puncak klasemen sementara Liga 1 2019.

Dikutip dari bisnis.com, lisensi AFC sangat penting bagi keberadaan klub profesional. Lisensi ini berfungsi sebagai verifikasi klub profesional agar bisa berpartisipasi di kompetisi internasional semisal Liga Champions Asia atau Piala AFC yang diselenggarakan oleh AFC.

Dari 16 klub Liga 1 2019 yang mengajukan club license, hanya delapan tim yang lolos. Itupun 2 klub dari 8 klub yang lolos, mendapat status lolos bersyarat. Bali United menjadi salah satu klub yang lolos bersyarat.

Sisanya mendapat status 'rejected'. Diantara tim yang mendapat status rejected iala Madura United yang kini berada di posisi kedua klasemen Liga 1 2019.

Itu artinya, jumlah klub Indonesia yang mendapatkan status klub lisensi dari AFC pada 2019 menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ada 10 klub yang mendapatkan lisensi AFC di tahun sebelumnya.

Klub yang mendapatkan status Granted atau lolos tanpa syarat adalah Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

Sedangkan klub yang mendapatkan status Granted with Sanction atau lolos bersyarat adalah Bali United FC dan Bhayangkara FC.

Karena hasil yang tidak sesuai harapan, Bali United dan Madura United, mengajukan banding terkait status Lisensi AFC yang mereka terima.

Pengajuan banding kepada pihak Club Licensing Appeal Commitee, agar melakukan peninjauan ulang Lisensi AFC yang mereka terima. Sekaligus terkait hak berpartisipasi di kompetisi resmi Piala AFC 2020.

Hasil verifikasi pengajuan banding Madura United dan Bali United akan diumumkan paling lambat pada Selasa (22/10/2019), sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan AFC Licensing Process 2019.