Usai Keluar dari Timnas Indonesia, Penampilan Greg Nwokolo di Madura United Tuai Kontroversi

Usai Keluar dari Timnas Indonesia, Penampilan Greg Nwokolo di Madura United Tuai Kontroversi

Unzilatur Rahmah
Kamis, 05 September 2019

Foto: Instagram Greg Nwokolo
Bola.eMadura.com - Greg Nwokolo tampil separuh pertandingan dalam laga Madura United vs Kalteng Putra. Turunnya Greg ke lapangan hijau dalam membela Madura United justru menuai kontroversi.

Dalam berita sebelumnya, posisi Greg Nwokolo di Timnas Indonesia digantikan Saddil Ramdani. Greg diganti karena masih dalam tahap pemulihan pasca cedera.

Turunnya Greg ke arena membuat sebagian netizen menganggap Greg tidak profesional. Ia juga dianggap tidak mau membela Timnas Indonesia.

Merasa dipojokkan, Greg Nwokolo pun memberikan klarifikasi melalui akun instagram pribadinya greg11n. Pemain naturalisasi asal Nigeria tersebut menyatakan, ia keluar dari Timnas Indonesia bukan atas kemauan sendiri atau minta dicoret.

"Aku datang ke timnas dengen kondisi masih cedera dan dalam process penyembuhan," tulisnya.

Staff pelatih melihat progres Greg Nwokolo di Timnas saat latihan dan pertandingan. Menurutnya, hasil dari evaluasi staf pelatih, ia diminta untuk kembali ke klub dulu. Pasalnya kondisi Greg belum pulih 100 % dari cedera.

Kondisi yang belum 100 % membuat Greg belum bisa tampil di level international. Sebab melawan Malaysia menjadi pertandingan yg penting bagi Timnas Indonesia.

Hal senada juga disampaikan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMnemey. Ia menyatakan bahwa kondisi Greg memang belum pulih sepenuhnya pasca cedera.

“Sementara untuk Greg, kami tahu dia datang dalam kondisi cedera. Kami coba memberikan kesempatan untuk berlatih, tetapi ternyata dia tak bisa bermain 100 persen. Setelah berdiskusi dengan Greg, dia harus kembali ke klubnya. Apa yang terjadi selanjutnya merupakan hak dari klub,” jelas Simon.

Dilansir dari bola.com, Greg mengalami cedera saat membela Timnas Indonesia dalam laga coba melawan Persika Karawang pada 25/08/2019 lalu.

Berbeda dengan level liga, dimana meski kondisi pemain tidak sepenuhnya bagus, masih memungkinkan untuk dimainkan. Sedangkan level international mengharuskan manajemen Timnas Indonesia memilih pemain dengan kondisi prima.

Greg Nwokolo menegaskan, kalau kondisi fisiknya sedang bagus, ia tidak mungkin bermain di babak kedua saat membela Madura United.

"Kepada yang tanya professionalisme aku. sejak aku di sini aku tidak pernah komplain soal Timnas (Indonesia). Kalo aku dipanggil, aku selalu datang. Kalo aku tidak panggil aku selalu mendukung. Jangan setiap apa-apa kalian judge terlalu personal dan rasis. Aku Indonesia.  suka atau tidak suka!" kata Greg melalui akun instagramnya dengan nada marah.