Stadion Mandala Direnovasi, Persipura Terpaksa Pindah Homebase ke Tenggarong

Stadion Mandala Direnovasi, Persipura Terpaksa Pindah Homebase ke Tenggarong

Mohammad
Minggu, 15 September 2019

Stadion Mandala dalam tahap pengusuran rumput guna melakukan penanaman rumput yang baru. Foto: instagram @galery_persipura
Bola.eMadura.com - Stadion Mandala Jayapura yang merupakan markas Persipura mulai direnovasi pada pertengahan musim Liga 1 2019. Renovasi ini sebagai bentuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) papua pada 2020 mendatang.

Karena markasnya direnovasi, Persipura Jayapura terpaksa pindah homebase ke Stadion Aji Imbut, Tenggarong, hingga akhir musim Liga 1 2019.

Persipura Jayapura mulai menjamu tamunya du Stadion Aji Imbut, Tenggarong pada laga melawan Persija Jakarta, Rabu (11/09/2019). Pada laga ini, Persipura berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0.

Perpindahan markas ini dirasa cukup berat bagi pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago. Pasalnya, pemain tidak bisa tampil di hadapan pendukungnya sendiri, masyarakat Papua. Persipura memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Papua.

"Musim ini terasa berat, bila kami menghabiskan sisa kandang di Stadion Aji Imbut. Keberatan kami bukan soal kami main di luar Jayapura. Bagi kami, main di mana saja sama. Tapi, kerugian kami, karena pemain tak bisa menghibur dan memberi kebanggaan secara langsung di depan pendukung sendiri. Bagaimana pun juga, kami memikirkan kepentingan yang luas demi kesuksesan PON Papua tahun depan," tutur Jacksen F. Tiago, pelatih Persipura dikutip dari bola.com.

Pemilihan Tenggarong sebagai markas sementara merupakan murni keputusan pihak manajemen Persipura.

"Itu keputusan manajemen. Kami, pelatih dan pemain, mematuhi kebijakan pengurus. Tugas kami bermain maksimal dan membawa Persipura ke tingkat tertinggi musim ini. Saya pribadi tak masalah pindah ke Tenggarong karena saya optimistis dengan tim ini. Mental pemain sudah kuat menghadapi segala masalah. Itu sudah mereka tunjukkan ketika tim ini terpuruk di awal musim, kini kami bisa masuk papan tengah klasemen," tambah Jacksen dilansir bola.com.

Jacksen sebetulnya juga mengajukan Stadion Batakan sebagai markas. Dengan alasan, jarak tempuh dan fasilitas stadion di Balikpapan tersebut lebih bagus dibandingkan Stadion Aji Imbut.

Kota Tenggarong dinilai memiliki fasilitas kurang memadai untuk tim yang berkompetisi di Liga 1. Persipura Jayapura bahkan harus pindah ke hotel di Samarinda sehari sebelum menjamu Persija Jakarta.

Namun menurut Jacksen, manajemen mungkin ingin merasakan bermain di daerah yang akan dijadikan ibu kota baru Indonesia.