Mungkinkah Sejarah Berulang? Tim Ini Terdegradasi Setelah Meraih Gelar Juara

Mungkinkah Sejarah Berulang? Tim Ini Terdegradasi Setelah Meraih Gelar Juara

Mohammad
Jumat, 27 September 2019

Akan menjadi mimpi buruk jika menjadi kenyataan
Bola.eMadura.com - Persija Jakarta merupakan juara Liga 1 musim 2018 yang lalu. Namun pada 2019 ini, Macan Kemayoran justru berkutat di dasar klasemen. Kadang keluar dari zona degradasi, namun kembali lagi ke posisi tersebut.

Ke depan, Persija harus terus waspada daj berupaya memperbaiki hasil pertandingan. Hal ini mengingat sudah tercatat dalam sejarah Liga Indonesia, yang sebelumnya juara, lalu musim berikutnya mengalami degradasi.

Tercatat, setidaknya sudah ada 2 tim yang sebelumnya meraih gelar juara, justru mengalami degradasi di musim berikutnya. Berikut ini daftarnya:

1. PSIS Semarang
PSIS berhasil juara Divisi Utama 1998/1999 dengan pemain2 hebat seperti Komang Putra, Ali Sunan, Tugiyo, dll. Namun musim berikutnya (1999/2000), PSIS mengalami konflik internal serta krisis finansial yang hebat. Masalah tersebut menyebabkan tim tampil buruk hingga akhirnya terdegradasi.

2. Petrokimia Gresik
Pada Ligina 2002, Petrokimia Gresik tidak diunggulkan. Tetapi ia berhasil menjadi juara Divisi Utama. Pada masa itu, tim diperkuat Widodo CP, Aris Budi, Agus Indra dll. Tetapi padamusim berikutnya, permainan Petrokimia Gersik tidak sebagus musim sebelumnya. Tim berada di peringkat 18 dan akhirnya degradasi.

Di Liga 1 2019, Persija Jakarta juga menyandang status juara bertahan. Tetapi di musim ini, permainan Persija Jakarta lebih sering berakhir kekalahan.

2 kali berganti pelatih selama paruh musim, belum bisa membuat permainan Persija Jakarta membaik. Dari 17 laga, Persija Jakarta Hany mampu mengumpulkan 17 poin.

Kalau tidak bisa bangkit, sejarah akan terulang. Nasib Persija akan sama seperti PSIS semarang dan Petrokimia Gersik.