Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar Beri Pernyataan Akan Mengundurkan Diri

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar Beri Pernyataan Akan Mengundurkan Diri

Mohammad
Rabu, 18 September 2019

Umuh Muchtar, Manajer Persib Bandung
Bola.eMadura.com - Persib Bandung menjadi salah satu klub Liga 1 2019 yang tengah berjuang bangkit menuju peringkat atas klasemen. Namun kabar mengejutkan datang dari manajemen Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Kepada media, Umuh Muchtar memberi pernyataan akan pensiun dari jabatannya mulai tahun depan. Pernyataan tersebut disampaikan Umuh pada Kamis (12/09/2019) di kediamannya, Jln. Kiaracondong Bandung.

Alasan rencana mundurnya Umuh, ialah karena merasa dirinya sudah terlalu tua untuk menjabat sebagai manajer Persib Bandung.

Terhitung hingga tahun 2019 ini, usia Umuh Muchtar sudah memasuki 71 tahun. Sehingga menurut dia, banyak orang yang lebih layak berada di posisi manajer Persib Bandung.

"Saya sudah uzur. 71 tahun. Biar semua sama-sama, saya juga berdoa di belakang. Masih banyak yang bisa (menggantikan saya)," ujar Umuh kepada awak media.

Umuh Muchtar sejak awal memimpin Persib Bandung bersama Glenn Sugita (direktur utama). Ia telah menangani Persib Bandung sejak tahun 2009. Hingga tahun 2019, sudah 10 tahun ia menjabat sebagai manajer.

Soal pengganti dirinya nanti, Umuh berharap Persib Bandung bisa meniru langkah klub-klub Eropa. Klub Eropa sudah biasa menggabungkan antara pelatih dan manajer.

Itu artinya, secara tidak langsung, Umuh mengharap Robert Rene Albert menggantikan posisinya sebagai manajer. Saat ini, Robert Rene Albert menjabat sebagai pelatih kepala di Persib Bandung.

Keputusan Umuh untuk mengakhir jabatan sebagai manajer, juga telah memperoleh izin dari direktur utama PT. Persib Bandung Bermartabat, Glenn Sugita.

Umuh juga menyatakan, dirinya sudah mengutarakan maksud untuk mundur sejak tahun lalu.  Tetapi baru mendapat izin Glenn Sugita pada akhir musim 2019 mendatang.

"Pak Glenn selalu bilang jangan dulu pak Umuh, dan sehabis bulan ini pak Glenn mengizinkan. Insya Allah. Musim ini Insya Allah masih dampingi dulu. Ya, sampai terakhir musim ini," pungkas Umuh.