Hasil Evaluasi Persib Bandung Pertengahan Musim Liga 1 2019: Ubah Target dan Pemain Harus Tanggung Sendiri Bila Terkena Kartu Kuning

Hasil Evaluasi Persib Bandung Pertengahan Musim Liga 1 2019: Ubah Target dan Pemain Harus Tanggung Sendiri Bila Terkena Kartu Kuning

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 14 September 2019

Foto instagram Persib Bandung
Bola.eMadura.com - Persib Bandung melakukan evaluasi pertengahan musim Liga 1 2019. Salah satu hasil evaluasi, ialah terkait kedisiplinan pemain di lapangan hijau.

Dalam evaluasi kinerja pemain klub berjuluk Maung Bandung tersebut, selama putaran pertama Liga 12019, manajemen menilai beberapa pemain masih kurang disiplin. Terutama di tengah permainan berlangsung.

Tren pemain Persib yang terlalu mudah mendapat kartu kuning, dinilai sebagai bentuk kurangnya kedisiplinan. Menurut Umuh Muchtar, manajer Persib Bandung, hal ini cukup merugikan bagi klub.

Sebagai akibat dari akumulasi kartu, pemain andalan tidak bisa dimainkan. Dikutip dari Simamaung.com, dalam rapat evaluasi bersama manajemen klub, seluruh pemain dituntut tak mudah tersulut emosi.

Pemain diminta tidak melakukan pelanggaran yang tidak perlu, semisal memprotes keputusan wasit.

“Jadi, kalau kartu kuning karena pemain mengejar wasit dan marah tidak perlu, itu sudah dikasih tahu (kartu kuning tak penting), tapi bukan berarti pemain tidak semangat,” kata Umuh Muchtar di Graha Persib, Bandung, Selasa (10/9/2019) dilansir superball.id yang dikutip dari simamaung.com

Dalam hasil evaluasi, demi meningkatkan kedisiplinan pemain, manajemen Persib Bandung membuat aturan baru terkait kartu kuning yang diterima.

Pemain yang memperoleh kartu kuning dan tak menguntungkan tim, harus membayar denda sendiri.

“Mulai sekarang harus bayar sendiri dan PT (Persib Bandung Bermartabat) tidak akan selalu kasih keringanan seperti itu,” kata Umuh Muchtar.

Selama putaran pertama Liga 1 2019, terhitung Persib sudah mengkoleksi 41 kartu kuning. Ezechiel N'Douassel menjadi pemain yang terkena kartu kuning terbanyak, yakni 7.

Selain mendisiplinkan pemain, hasil evaluasi Persib Bandung juga mengubah target. Sebelum putaran pertama dimulai, Persib Bandung menargetkan untuk menjadi juara Liga 1 2019.

Tetapi hasil pertandingan di putaran pertama, tidak memungkinkan Persib Bandung berada di posisi puncak Liga 1 2019.

Manajemen Persib mencoba untuk realistis. Manajemen mengubah target untuk finish di 5 besar pada akhir putaran kedua Liga 1 2019.

Saat ini, Persib Bandung berada di posisi ke-10 klasemen sementara Liga 1 2019 dengan 19 poin. Dari 17 pertandingan dalam  putaran pertama Liga 1 2019, Persib Bandung hanya mampu menang 4 kali.