Pembagian Pot Kualifikasi Piala Dunia 2022

Pembagian Pot Kualifikasi Piala Dunia 2022

M Rizki Maulana
Rabu, 12 Juni 2019

Timnas Indonesia -  Foto: Instagram PSSI
Bola.eMadura.com - Jika pemenang laga Sri Lanka vs Makau sudah ditemukan, sebanyak 40 negara kontestan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia telah lengkap. Pada Rabu 17 Juli 2019, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) akan melakukan pengundian fase grup babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Doha, Qatar.

Nantinya, 40 negara akan dibagi ke dalam delapan grup. Setiap grupnya masing-masing berisikan lima negara. Namun, hanya juara grup yang lolos otomatis ke babak ketiga. Kemudian, akan dicari empat runner-up terbaik untuk menyusul sang juara grup melaju ke babak ketiga.

Sebelum melakukan pengundian, AFC pun sudah membagi 40 negara ke dalam lima pot. Pot pertama berisikan negara-negara dengan peringkat FIFA tertinggi di kawasan Asia. Beberapa di antaranya Iran, Jepang, Korea Selatan (Korsel), Australia dan Qatar.

Qatar tetap ambil bagian di kualifikasi meski berstatus sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Namun, hasil yang didapat Qatar di kualifikasi nantinya, takkan mengubah privilige mereka, yakni lolos otomatos ke Piala Dunia 2022.

Kembali ke pembagian pot. Dari kelima pot itu, masing-masing berisikan delapan negara. Negara yang berada dalam satu pot takkan saling bertemu. Sekarang yang jadi pertanyaan, berapa di pot keberapa Indonesia?

Indonesia racikan Simon McMenemy berada di pot kelima alias paling buncit. Meski berada di pot kelima, potensi Indonesia bersua negara Asia Tenggara lainnya di fase grup cukup terbuka. Sebab, Vietnam berada di pot kedua, sedangkan Thailand dan Filipina mentas di pot ketiga. Kemudian, Malaysia nangkring di pot keempat.

Berikut pembagian pot unggulan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, berdasarkan peringkat FIFA edisi Juni 2019:

Pot 1: Iran, Jepang, Korea Selatan (Korsel), Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi dan China.

Pot 2: Irak, Uzbekistan, Suriah, Lebanon, Oman, Kirgizstan, Vietnam dan Yordania.

Pot 3: Palestina, India, Bahrain, Thailand, Tajikistan, Korea Utara, Taiwan dan Filipina.

Pot 4: Turkmenistan, Myanmar, Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Maladewa, Kuwait dan Malaysia.

Pot 5: Indonesia, Singapura, Kamboja, Nepal, Bangladesh, Mongolia, Guam, Sri Lanka/Makau.

Sumber:okezone.com