Persija Terkena Sanksi AFC Karena Supporter

Persija Terkena Sanksi AFC Karena Supporter

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 13 April 2019

Source: instagram Persija Jakarta
Bola.eMadura.com - Persija vs Becamex Binh Duong menjadi salah satu laga group Piala AFC 2019. Laga tersebut digelar pada 26/02/2019 lalu. Dalam hasil laga tersebut, berakhir seri dengan skor 0-0.

Pada pertandingan yang berlangsung di bulan Februari lalu, Persija mendapat mandat sebagai tuan rumah. Namun sayangnya, pertandingan tersebut membuat Persija mendapat sanksi dari AFC. SANKSI tersebut diperoleh akibat ulah suporternya saat menjamu Becamex Binh Duong.

 Komisi disiplin AFC dalam lampiran putusannya menyebutkan, ada dua pelanggaran yang dilakukan Persija Jakarta. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu, pelanggaran pertama ialah supporter melempar satu botol ke lapangan.

Pelanggaran kedua, seorang suporter memanjat pagar tribune saat pertandingan berlangsung. Akibat hal tersebut, Persija diwajibkan membayar denda sebesar 12 ribu dolar AS (sekitar Rp168 juta) atas pelanggara pasal 65 dan 64 kode disiplin dan etik AFC. Denda semacam ini tentu sangat merugikan klub yang dimaksud.

Kejadian ini harusnya dapat menjadi pembelajaran berharga bagi para supporter klub di Indonesia. Terlebih bila itu pertandingan internasional. Kedewasaan dan sportivitas para supporter sangat dibutuhkan demi sepak bola Indonesia lebih baik.

Penegakan disiplin semacam ini juga perlu dipertimbangkan untuk diterapkan oleh PSSI seketat mungkin. Pelanggaran kecil saja dari supporter, harus ditindak tegas agar supporter sepak bola Indonesia semakin dewasa lagi.