Kesepakatan Lama Bonek dan Aremania Tetap Berlaku di Final Piala Presiden 2019

mobile-menu

Kesepakatan Lama Bonek dan Aremania Tetap Berlaku di Final Piala Presiden 2019

Unzilatur Rahmah
Selasa, 09 April 2019

Bonel dan Aremania
Bola.eMadura.com - Babak Final Piala Presiden 2019 akan segera bergulir. Partai yang mempertemukan antara Persebaya Surabaya dan Arema FC ini rencananya akan bergulir 2 leg.

Leg pertama akan dilaksanakan pada Selasa (09/04/2019) dengan Bajul Ijo sebagai tuan rumah. Pertandingan dijadwalkan akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Sedangkan leg kedua final Piala Presiden 2019 dijadwalkan pada Jum’at (12/04/2019) dan Arema FC menjadi tuan rumah. Pertandingan penentu kemenangan ini akan berlangsung di Stadion Kanjuruhan Malang.

Persoalan sistem pertandingan yang menggunakan home-away memang cukup menjadi perhatian. Khususnya oleh panitia dan tim pengamanan. Pasalnya, kedua tim partai final memiliki tingkat rivalitas dengan tensi tinggi, khususnya di kalangan supporternya.

Menurut Irjen Luki Hermawan, Kapolda Jawa Timur, kesepakatan lama antara Bonek dan Aremania akan tetap berlaku. Pihaknya selaku salah satu penanggung jawab keamanan final Piala Presiden 2019 nanti, merasa perlu menegaskan hal ini.

Dilansir Kompas.com, kesepakatan itu ialah, Aremania (suporter Arema) dilarang ke Surabaya saat leg pertama, Selasa (9/4/2019). Begitu sebaliknya, Bonek (suporter Persebaya) dilarang ke Malang saat leg kedua, Jumat (12/4/2019) nanti. "Ini kesepakatan kedua suporter sejak lama, dan tetap berlaku di laga final besok," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan, Senin (8/4/2019) sebagaimana dilansir Kompas.com.

Untuk mengantisipasi dan demi terjemahannya kesepakatan tersebut, Polda Jawa Timur akan menyiagakan penjagaan. Terutama di perbatasan serta pintu-pintu masuk menuju Surabaya dan Malang.

"Kami akan merazia para suporter yang tidak mengindahkan kesepakatan lama ini," katanya Kapolda dilansir Kompas.com.

Dengan peningkatan keamanan ini, Irjen Luki berharap final Piala Presiden 2019 tidak menjadi tontonan menakutkan yang menyisakan duka. Tetapi menjadi hiburan tersendiri bagi penggemar sepak bola nasional secara umum.

Ia juga menambahkan, pihaknya akan menambahkan personel keamanan dibandingkan pertandingan biasa. Dimana pada pertandingan biasa, hanya menurunkan 2.200 personel. Tapi pada laga final nanti, akan ditambah menjadi 3.500 personel. Rencananya, personel keamanan akan disebar di titik-titik rawan, diluar lokasi pertandingan.