Kapten Arema FC: ‘Bukan Saatnya Lagi Pendukung Saling Ejek’

Kapten Arema FC: ‘Bukan Saatnya Lagi Pendukung Saling Ejek’

Unzilatur Rahmah
Selasa, 02 April 2019

Foto: pssi.org
Bola.eMadura.com - Bhayangkara FC vs Arema FC menjadi laga ketiga babak perempat final Piala Presiden 2019. Pertandingan tersebut dijadwalkan pada (30/03/2019) lalu.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, tersebut, Arema FC mengalahkan tuan rumah Bhayangkara FC dengan skor 4-0. Empat gol Arema FC dicetak Makan Konate di menit ke 10 dan 78. Gol lainnya dicetak Hamka Hamzah pada menit ke 40, dan Ricky Kayame di menit 90'+4. Sayangnya, kemenangan Arema sedikit dirusak dengan aksi tidak sportif Aremania. Supporter Arema FC tersebut menyanyikan yel-yel negatif kepada suporter tim lain, Persebaya Surabaya dan Persib Bandung.

Hamka Hamzah, selaku Kapten Arema FC menyatakan kecewa dengan aksi suporternya. Aksi Aremania tersebut membuat Hamka sedikit emosi. Hamka sempat memberikan kode agar mereka menghentikan yel-yel rasis selama pertandingan berlangsung.

Menurut Hamka, supporter seharusnya tidak saling mengejek kalau mau melihat tim kesayangannya berprestasi.

"Walaupun Aremania suporter saya sendiri, tapi kalau memang tidak bagus ya kami tegur. Karena satu salah yang bikin rezeki kami jauh mungkin salah satunya itu (sering mengejek suporter lawan)," ujar Hamka dikutip bola.emadura.com dari lamanya resmi pssi.org.

"Jadi saya sudah memberikan kode, Alhamdulillah teman-teman Aremania semua melihat, (kemudian) mereka berhenti (menyanyikan yel-yel bernada rasialisme), memberikan kami semangat lagi," sambungnya.

Hamka menambahkan, dirinya juga kerap melakukan edukasi kepada supporter. Dia selalu mengingatkan agar supporter bersikap sportif serta memberikan dukungan dengan cara positif.

"Saya selalu edukasi, selalu di Malang, di media sosial pun saya memberikan (pesan) bahwa sudahilah karena sepak bola kita menuju ke arah lebih baik. Suporter kenapa tidak lebih baik (berperilaku) dan akhirnya bisa berprestasi untuk tim nasional," kata eks pemain PSM Makassar dilansir pssi.org.

Selain itu, Hamka juga meminta Aremania tidak mengulangi sikap tidak terpuji tersebut. Menurutnya, sudah bukan zamannya lagi supporter saling menghina hanya untuk memberi dukungan kepada tim kesayangannya.

Ditulis ulang dari pssi.org.