Penonton Terbanyak dan Paling Sedikit Fase Group Piala Presiden 2019

Penonton Terbanyak dan Paling Sedikit Fase Group Piala Presiden 2019

Unzilatur Rahmah
Selasa, 26 Maret 2019

Aremania di Piala Presiden 2019 (pialapresiden.id)
Bola.eMadura.com - Piala Presiden 2019 sudah memasuki fase perempat final. Turnamen pra-musim ini menjadi salah satu ajang pembuktian bagi klub lokal Indonesia untuk menambah torehan prestasi.

Ada 8 tim yang berhasil memasuki babak perempat final. 8 tim tersebut ialah Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, Kalteng Putera, Bhayangkara FC, Persela Lamongan, Arema FC, Madura United dan Tira Persikabo.

Beberapa tim kuat seperti Persib Bandung, PSM Makassar, Bali United, Persipura Jayapura dan PSIS Semarang, terpaksa menerima nasib. Mereka bersama tim lainnya gagal lolos dari fase group Piala Presiden 2019.

Selama pertandingan fase group Piala Presiden 2019, ada 5 tim yang menjadi tuan rumah. Sudah menjadi kewajaran dalam sepak bola, tuan rumah menjadi penentu terjual habis atau tidaknya tiket pertandingan.

Sejauh catatan yang dikutip dari akun Instagram pengamatsepakbola, setidaknya ada 4 pertandingan dengan penonton terbanyak dan 4 pertandingan paling sedikit penonton. Berikut ini daftarnya:

Pertandingan Fase Group Dengan Penonton Terbanyak

1. PSS Sleman vs Persija Jakarta Laga antara PSS Sleman vs Persija Jakarta dilaksanakan di Stadion Maguwoharjo Sleman. Menurut pemberitaan media, tiket laga tersebut terjual habis. Jumlah penonton pertandingan ialah 29.150 penonton.

2. Persela Lamongan vs Arema FC Arema FC menjadi tuan rumah pada laga group E. Arema menggunakan Stadion Kanjuruhan Malang sebagai home base. Pada laga Persela vs Arema FC, total jumlah penonton ialah 28.311.

3. Persebaya Surabaya vs Persib Bandung Stadion Si Jalak Harupat Bandung 26.834 penonton

4. Persib Bandung vs Tira Persikabo Persib bandung memang gagal melaju ke Perempat final. Sebagai tuan rumah group A, Persib Bandung menggunakan Stadion Si Jalak Harupat.

Pada laga pembukaan Piala Presiden 2019 yang mempertemukan Persib Bandung vs Tira Persikabo, tiket terjual untuk 26.541 penonton.


Pertandingan Fase Group Dengan Penonton Paling Sedikit

1. Semen Padang vs Mitra Kukar: 233 penonton

2. PSM Makassar vs Kalteng Putra: 371 penonton

3. Madura United vs Borneo FC: 375 penonton

4. Persipura Jayapura vs PSM Makassar: 442 penonton
Wajar bila 4 pertandingan tersebut paling sedikit penontonnya. Karena memang tidak mempertemukan tim tuan rumah. Juga bukan pertandingan big match.