Pasca Kasus Pengaturan Skor, Satgas Anti Mafia Bola Awasi Piala Presiden 2019

Pasca Kasus Pengaturan Skor, Satgas Anti Mafia Bola Awasi Piala Presiden 2019

Unzilatur Rahmah
Senin, 11 Maret 2019

Ilustrasi Mafia Sepakbola
Bola.eMadura.com - Joko Driyono yang baru diangkat sebagai Plt Ketua Umum PSSI pada Januari 2019, ternyata ditetapkan sebagai tersangka kasus pengaturan skor pada bulan berikutnya. Kasus pengaturan skor yang terjadi di turnamen Liga 2 ini memang menjadi contoh buramnya sepak bola Indonesia.

Sebab itu, Satgas Anti Mafia Bola menjadi lebih siaga. Satgas yang dibentuk secara khusus ini juga mengawasi pelaksanaan Piala Presiden 2019. Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Media Satgas Anti Mafia Bola, Kombes Argo Yuwono.

Pengawasan terhadap Piala Piala Presiden 2019 yang digelar sejak 2 Maret hingga 12 April ini cukup penting. Menurut Argo,pengawasan dilakukan guna meminimalisir dan mencegag terjadinya kasus pengaturan skor dalam turnamen Piala Presiden 2019. Sehingga diharapkan bisa menjadikan kualitas sepak bola Indonesia yang lebih baik.

Dilansir halaman pssi.org, Argo juga mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan jika mengetahui ada kecurangan atau praktik pengaturan skor dalam pertandingan. Sebagaimana dikutip dari pssi.org, Argo menyampaikan saat ini Satgas sambil lalu melakukan perbaikan berkas perkara yang dibutuhkan oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Satgas Anti Mafia Bola telah melimpahkan lima berkas kasus untuk enam tersangka ke Kejaksaan Agung pada 8 Februari lalu. Namun, berkas tersebut dikembalikan karena masih ada kekurangan yang harus dilengkapi. Argo menambahkan, saat ini Satgas juga masih melakukan komunikasi dengan penyidik terkait rencana pemanggilan terhadap mantan anggota Komite Eksekutif PSSI Hidayat.