FIFA Tetapkan 5 Aturan Baru dalam Sepak Bola

FIFA Tetapkan 5 Aturan Baru dalam Sepak Bola

Unzilatur Rahmah
Kamis, 14 Maret 2019

Logo FIFA
Bola.eMadura.com - Sebagai afiliasi tertinggi sepak bola dunia, FIFA memiliki hak juga kewajiban dalam menentukan aturan. Termasuk aturan yang berlaku dalam pertandingan sepak bola di berbagai belahan dunia.

Setidaknya sudah ada 5 peraturan baru dalam pertandingan sepak bola, yang sudah disetujui IFAB (Internasional Football Association Board). 5 peraturan ini mulai berlaku 1 Juni 2019. Berikut ini 5 Aturan baru tersebut:

Gol Tangan Tidak Sah atau Dianulir Gol yang menggunakan tangan, baik yang disengaja maupun tidak sengaja, dianggap tidak sah. Sehingga gol yang terjadi akan dianulir.

Posisi Kaki Kiper Saat Penalti Pada aturan sebelumnya, kiper harus berdiri di garis gawang saat lawan mengambil tendangan penalti. Di aturan yang baru, posisi salah satu kaki Kiper boleh berada diluar garis gawang.

Proses Pergantian Pemain Selama ini setiap pergantian pemain harus dilakukan di pinggir lapangan antara bangku cadangan kedua tim. Pemain keluar harus lewat dekat petugas pergantian pemain. Dalam aturan yang baru, setiap pemain yang akan digantikan bisa keluar lapangan dari sisi mana pun. Peraturan ini diterapkan demi menghindari kebiasaan mengulur waktu yang dilakukan tim ketika sedang unggul.

Tidak Ada Yang Boleh Mengganggu Pagar Betis Setelah aturan ini diterapkan, tidak akan ada lagi pemain lawan yang berdiri sejajar dengan pagar betis saat proses persiapan tendangan bebas. Aturan ini bertujuan agar tidak ada pemain lawan yang menggangu posisi pagar betis. Pemain lawan boleh berdiri minimal 1 meter dari pagar betis.

Pelatih Bisa Mendapat Kartu Pelatih dapat dikenai kartu kuning atau kartu merah bila melakukan protes berlebihan kepada wasit di lapangan saat pertandingan berlangsung. Selama ini wasit biasanya hanya mengusir pelatih tanpa memberikan kartu.

Itulah 5 aturan baru dalam sepak bola. Perlu diingat, aturan ini akan diterapkan mulai 1 Juni 2019 mendatang. Jadi kalau ada pertandingan Piala Presiden 2019 yang tidak sesuai dengan aturan ini, belum bisa disebut pelanggaran ya.