Berbagai Kejutan di Fase Group Piala Presiden 2019

mobile-menu

Berbagai Kejutan di Fase Group Piala Presiden 2019

Unzilatur Rahmah
Rabu, 20 Maret 2019

Logo Piala Presiden 2019
Bola.eMadura.com - Piala Presiden 2019 segera memasuki babak perempat final. Turnamen yang digelar sejak 2 Maret ini telah pertandingan menyelesaikan fase group. Dengan sistem tuan rumah per group, telah diketahi 8 tim yang lolos ke babak perempat final.

Hasil fase group telah menentukan 8 tim yang lolos ke babak berikutnya. 8 tim tersebut ialah Bhayangkara FC, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Kalteng Putera, Madura United, Arema FC dan Tira Persikabo.

Sebelum melangkah ke babak perempat final, rasanya akan menarik bila kita coba flash back ke beberapa kejadian menari di babak group. Berikut beberapa kejutan yang terjadi selama fase group Piala Presiden 2019:

Banyak Tim Kuat Liga 1 2018 Berguguran
Tak sedikit tim kuat peserta liga 1 2018 lalu yang justru gugur di babak group Piala Presiden 2019. Persib Bandung dan PSM Makassar bahkan gagal menjadi runner up group. Kedua tim ini harus tersisih dengan posisi sebagai peringkat ketiga dari 4 tim di fase group.

Tim kuat lain yang ikut tersisih di lanjutan pertandingan Piala Presiden 2019 ialah Persipura Jayapura dan Bali United. Mereka harus gagal melaju ke Perempat final di detik akhir babak group.

2 Tim Liga 2 2018 Justru Berhasil Melaju ke Perempat Final
Bila beberapa tim kuat liga 1 2018 justru berguguran, fakta unik lain terjadi kepada tim promosi. Di musim 2019 ini, ada 3 tim promosi Liga 1 2019. Mereka ialah Tira Persikabo, Kalteng Putera dan PSS Sleman.

2 dari 3 tim tersebut justru berhasil lolos ke babak perempat final Piala Presiden 2019. Kalteng Putera lolos sebagai juara group C setelah secara dramatis merebut tiket yang sudah siap dikantongi Persipura. Sedangkan Tira Persikabo lolos sebagai runner up terbaik, bersama Madura United dan Arema FC.

Hanya 2 Tuan Rumah yang Lolos Ke Perempat Final
Dibagi menjadi 5 group, Piala Presiden 2019 setidaknya ada 5 Tuan rumah. 5 Tuan rumah tersebut ialah PSS Sleman, Persib Bandung, Arema FC, Bhayangkara FC dan PSIS Semarang.

Laga group Piala Presiden 2019 membuktikan bahwa menjadi tuan rumah bukan jaminan untuk menjadi juara. Pasalnya, hanya ada 2 Tuan rumah yang berhasil lolos ke Perempat final.

Bhayangkara FC lolos sebagai juara group B dengan perolehan poin sempurna, 9 poin. Dan Arema FC lolos sebagai runner-up terbaik.

Persija Dinilai Menjadi Tim Terkuat
Meski tidak mampu meraih poin sempurna sebagaimana Bhayangkara FC, nyatanya Persija Jakarta tetap dinilai sebagai tim kuat dan stabil. Pasalnya, Macam Kemayoran lolos sebagai juara group D tanpa sekalipun kalah. Hanya sekali skor seri ketika melawan Madura United.

Pencapaian ini terjadi bahkan di tengah jadwal padat Persija Jakarta. Selain menghadapi turnamen Piala Presiden 2019, Persija juga melakoni pertandingan di turnamen AFC Cup 2019 mewakili Indonesia.