Aneka Berkah Piala Presiden 2019 Bagi Masyarakat Kecil

Aneka Berkah Piala Presiden 2019 Bagi Masyarakat Kecil

Unzilatur Rahmah
Senin, 11 Maret 2019

Baso Cuanki Bandung (Foto: pssi.org)
Bola.eMadura.com - Piala Presiden 2019 digelar sejak 2 Maret 2019 yang lalu. Euforia musiman terkait sepak bola pun mulai kita rasakan. Mulai dari berita bola, hingga perbincangan soal bola sampai di kalangan masyarakat bawah.

Yang tak kalah penting, Piala Presiden 2019 menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar. Terutama masyarakat kecil yang lokasinya dekat dengan stadion penyelenggaraan Piala Presiden 2019.

Benar apa kata PSSI, bola bisa menghidupkan ekonomi kecil bagi masyarakat sekitar. Setidaknya berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat berkat penyelenggaraan Piala Presiden 2019:

Berkah Bagi Pedagang Pernak-Pernik Supporter
Salah satu pedagang pernak-pernik supporter ialah Kencono. Pedagang asal Lamongan yang kini tinggal di Nganjuk. Sebagaimana dilansir halaman PSSI.org, ia mulai berjualan sejak tahun 2002. Berpindah-pindah dari stadion ke stadion. Terutama kalau ada pertandingan besar Kencono menjual beragam jersey dan scraft klub sepak bola lokal Indonesia seperti PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persib Bandung, Arema FC, dan lain-lain. Ia menambahkan, pernak-pernik paling laris di seluruh tempat ialah jersey Persebaya. Sedangkan di Magelang jersey PSIS.

Kencono mengungkapkan bahwa Piala Presiden 2019 sangat menguntungkan baginya. Pasalnya, hadirnya turnamen pra-musim tersebut membuat pedagang seperti dirinya mendapat untung lebih banyak dibanding hari tanpa momen tertentu.
Berkah ‘Parkiran’ Bagi Masyarakat Sekitar
Diakui atau tidak, parkiran yang aman menjadi salah satu kebutuhan bagi para supporter bola. Tak terkecuali pada ajang Piala Presiden 2019 ini.

Kebutuhan supporter ini sekaligus menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar stadion. Masyarakat bisa membuka lahan parkir dadakan dengan hanya modal sedikit lahan serta keamanan yang terjamin.

Berkah Pula Bagi Pedagang Kecil dan Asongan
Menghidupkan ekonomi kerakyatan menjadi salah satu misi perhelatan sepak bola di Indonesia. Pasalnya, banyak pedagang kecil dan pedagang asongan yang bisa memperoleh untung lebih saat turnamen sepak bola sekelas Piala Presiden 2019 berlangsung.

Kenuk menjadi salah satu pedagang asongan yang merasakan dampak Piala Presiden 2019. Perempuan yang bertempat tinggal di Kelurahan Rejowinangun, Magelang ini berjualan arem-arem, tahu pong, kacang rebus, air mineral, dan lain-lain.

Ia berjualan di stadion Moch Soebroto. Pada pertandingan pertama penyisihan Grup C di Stadion Moch Soebroto, Kenok mengaku dagangannya habis terjual sebelum pertandingan selesai.
Itulah beberapa berkah yang dirasakan masyarakat berkat terselenggaranya turnamen Piala Presiden 2019.