PSM Makassar vs PSMS Medan: Dilema Kontroversi Wasit Hingga Data Hasil Pertemuan Kedua Tim

PSM Makassar vs PSMS Medan: Dilema Kontroversi Wasit Hingga Data Hasil Pertemuan Kedua Tim

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 08 Desember 2018

PSM Makassar vs PSMS Medan
Bola.eMadura.com - PSM Makassar vs PSMS Medan akan digelar pada Ahad (09/12/2018). PSM Makassar akan menjamu PSMS Medan di Stadion Andi Mattalata Makassar.

Pertandingan ini menjadi laga penentuan bagi kedua tim. PSM Makassar menjadi saingan Persija dalam memperebutkan gelar juara.

Sedangkan PSMS Medan menjadi tim dengan peringkat terbawah. Sehingga besar kemungkinan, tim ini akan terdegradasi ke Liga 2 di musim depan.

Saat ini PSM Makassar berada di posisi ke-dua dengan perolehan poin 58. Sedangkan PSMS berada di posisi terbawah dengan poin 37.

Selain sebagai laga penentuan, pertandingan ini juga menjadi pembuktian bagi PSM Makassar. Pasalnya pada 2 pertemuan terakhir, PSM Makassar selalu kalah kepada PSMS.

Sebelumnya, PSM Makassar kalah dengan skor 1-2 kepada PSMS Medan saat laga group Piala Presiden 2018. PSM Makassar kembali menelan kekalahan atas PSMS pada laga putaran pertama Gojek Liga 1 2018.

Itu menunjukkan, PSMS bukan tim yang bisa dianggap remeh oleh PSM Makassar. Meski secara tingkat di Liga 1, PSMS berada di dasar klasemen, nyatanya tim ini bisa menjadi lawan menakutkan bagi PSM Makassar pada final liga 1 2018 ini.

Selain itu, pelatih PSMS sebagaimana dilansir bolasport[.]com, menyatakan bahwa pertandingan terakhir di Liga 1 ini dihantui persoalan kontroversi wasit.

Peter Butler mengaku kecewa dengan wasit saat laga pekan ke-33 melawan PS TNI. Kekecewaan tersebut disebabkan wasit memberikan kartu merah kepada Shohei Matsunaga da beberapa keputusan kontoversial lainnya. "Wasit seperti kemarin untuk besok akan masalah buat kami. Kalau ada wasit seperti kemarin, kita tidak bisa bekerja. Tidak apa-apa kita kalah atau menang, saya hormat. Tapi wasit harus bersikap adil. Saya harap besok fair, kalaupun kita kalah saya terima," ujarnya dilansir BolaSport.com yang dikutip dari Tribun Medan.
Pelatih asal Inggris itu juga menyebutkan,krisis kepemimpinan wasit saat ini melanda Liga Indonesia. "Saya sudah pernah bekerja di Thailand, Singapura, Malaysia, tapi di Liga Indonesia juga banyak masalah. Banyak sekali masalah wasit pada musim ini. Mungkin ada orang luar yang bisa kontrol wasit, tapi saya tidak bisa kontrol wasit. Di Indonesia banyak keputusan wasit yang tidak adil, tapi saya tidak bisa berbuat, itu tidak bagus untuk sepak bola Indonesia," tuturnya dikutip dari Bolasport[.]com.