Inilah Suporter Paling Fanatik Liga 1 2018

Inilah Suporter Paling Fanatik Liga 1 2018

Unzilatur Rahmah
Rabu, 28 November 2018

Liga 1 Indonesia 2018
Bola.eMadura.com - Kesuksesan liga 1 2018 tidak lepas dari peran penting supporter. Meski tidak berperan secara langsung, supporter menjadi ‘konsumen’ dari program liga 1. Tanpa supporter dari setiap tim, liga 1 hanya menjadi program yang tidak menarik di mata masyarakat.

Berbicara soal supporter, ada beberapa tim yang memiliki supporter fanatik. Fanatisme suporter memang tidak bisa lepas sepak bola. Umumnya para supporter fanatik akan setia mendukung tim kesayangannya dalam kondisi apapun.

Sebagian supporter rela keliling Indonesia demi menonton pertandingan kesayangannya secara langsung. Karena fanatisme supporter, bahkan tercipta rivalitas yang kuat diantara 2 bahkan beberapa tim.

Kalau sudah berbicara rivalitas tim, fanatisme supporter bahkan condong pada fanatik buta. Tidak peduli benar atau salah, yang penting mendukung tim kesayangannya mati-matian. Berikut ini daftar supporter paling fanatik Gojek Liga 1 2018:

Bonek, Supporter Persebaya
Pada musim sebelumnya, Persebaya terpaksa berlaga di Liga 2 karena sanksi. Namun kesetiaan Bonek mendukung tim kesayangannya patut diacungi jempol.

Saat Persebaya berlaga di Liga 1 musim 2018 ini, Bonek juga menunjukkan kesetiaannya. Hal ini terlihat di setiap laga kandang Persebaya, penonton tidak kurang dari 50.000 orang.

Aremania, Supporter Arema FC
Arema dikenal dengan rivalitasnya dengan Persebaya. Persaingan ini sebetulnya muncul dari supporter itu sendiri. Ketika Arema bertanding dengan Persebaya, akan menjadi pertandingan panas. Masing-masing supporter ingin menunjukkan bahwa timnya yang terbaik.

Bobotoh, Supporter Persib Bandung
Pada laga Persib vs Persija di putaran pertama liga 1 2018, kapasitas stadion bahkan tidak mampu menampung jumlah penonton yang datang.

Sehingga banyak para Bobotoh yang kecewa lantaran tidak kebagian tiket. Di samping juga panitia tidak menyediakan layar di luar stadion agar penonton yang tidak kebagian tiket bisa menonton dari luar stadion.

The Jack Mania, Supporter Persija Jakarta
Tragedi kematian Haringga Sirla, supporter Persija di kandang Maung Bandung, menunjukkan ia sebagai The Jack Mania yang sudah mendarah daging. Dia bahkan rela membahayakan nyawanya demi mendukung tim kesayangannya.

Tidak hanya itu, laga kandang Persija vs Arema FC, menjadi laga dengan penonton terbanyak. Laga melawan Persela yang digelar di Stadion GBK, juga tak kalah banyak.

Ini menunjukkan bahwa The Jack Mania akan selalu mendukung Persija, baik itu laga Big Match atau bukan.