AFF Suzuki Cup 2018: Memiliki Stadion Kurang Layak, Timnas Timor Leste Terpaksa Berkandang di Stadion Negara Tetangga

AFF Suzuki Cup 2018: Memiliki Stadion Kurang Layak, Timnas Timor Leste Terpaksa Berkandang di Stadion Negara Tetangga

Unzilatur Rahmah
Kamis, 15 November 2018

Skuat Timnas Timor Leste- Photo: affsuzukicup.com
Bola.eMadura.com - Kita ketahui bersama bahwa AFF Suzuki Cup 2018 menggunakan sistem half-around robin. Dimana setiap negara memiliki kesempatan untuk melakoni pertandingan bertandang dan menjamu lawan di kandang.

Ini bertujuan untuk menyerap lebih banyak penonton ke stadion. Sehingga animo masyarakat Asia Tenggara untuk menonton tim nasional kesayangannya ke stadion menjadi meningkat.

Sayangnya dukungan langsung dari pendukung di negaranya tidak bisa diperoleh Timor Leste. Pasalnya, dua laga kandang Timor Leste tidak bisa dilakoni di stadion milik mereka sendiri.

Timor Leste melawan Thailand yang seharusnya laga kandang Timor Leste, justru diselenggarakan di Stadion Rajamanggala Thailand. Sedangkan laga melawan Filipina akan menggunakan stadion di Kuala Lumpur, Malaysia.

Hal ini dikarenakan Stadion Nasional Timor Leste, Stadion Municipal Dili dianggap kurang layak oleh panitia.

Sebagaimana dilansir dalam halaman resmi AFF Suzuki Cup 2018, stadion Municipal Dili belum memiliki penerangan yang memadai. Sehingga mengharuskan Timor Leste berkandang di kandang lawan dan kandang peserta group lain.

Timor Leste sendiri lolos kualifikasi piala AFF 2018 setelah mengalahkan Brunei Darussalam. Lolosnya tim ini ke fase group, untuk yang pertama kali sejak 14 tahun terakhir.