Kalah dari Thailand, Indonesia vs Filipina Akan Menjadi Laga Penentuan Nasib Timnas Garuda

Kalah dari Thailand, Indonesia vs Filipina Akan Menjadi Laga Penentuan Nasib Timnas Garuda

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 17 November 2018

Photo: Instagram PSSI
Bola.eMadura.com - Indonesia vs Thailand pada laga AFF Suzuki Cup 2018 usai digelar pada Sabtu, (17/11/2018). Seperti kita ketahui, Indonesia dan Thailand berada di group B bersama Singapura, Filipina dan Timor Leste.

Pertandingan tersebut digelar di Stadion Rajamanggala Thailand. Sayangnya Timnas Garuda harus menelan kekalahan pahit atas Tim Gajah Putih dengan skor 4-2.

Hasil akhir ini membuat Thailand semakin langgeng di posisi teratas klasemen sementara AFF Suzuki Cup 2018 group B. Sebaliknya, hasil ini membuat Timnas Indonesia terdegradasi ke posisi ke-4.

Kekalahan ini juga mengingatkan tangisan Timnas Indonesia saat melawan Timnas Thailand pada laga final AFF Suzuki Cup 2016 lalu.

Posisi Indonesia menjadi terpuruk. Tetapi masih tersisa satu pertandingan lagi untuk Timnas Indonesia; yakni melawan Filipina yang saat ini berada di posisi kedua.

Pertandingan antara Indonesia vs Filipina akan digelar pada Ahad, (25/11/2018) nanti. Pertandingan ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi Indonesia untuk minimal berada di posisi kedua dan lolos dari fase group.

Dalam pertandingan Indonesia Vs Filipina, tim Garuda harus menang dengan skor telak. Mengingat, Indonesia harus bersaing dengan Filipina yang sudah mengantongi 6 poin dan Singapura yang mengantongi 3 poin.

Sebetulnya, Indonesia dan Singapura sama-sama memperoleh 3 poin. Hanya saja, Singapura memperoleh 1 gol dan 1 kebobolan dari 2 pertandingan. Sedangkan Indonesia telah memperoleh 5 gol dan 6 kali kebobolan dari 3 pertandingan.

Tersisa 1 pertandingan untuk Indonesia dan 2 pertandingan untuk Singapura dan Filipina. Sehingga mau tidak mau, Indonesia harus menang atas Filipina dengan skor telak untuk bisa lolos dari fase group.

Bila tidak, mimpi Indonesia untuk kembali berlaga di partai final piala AFF sebagaimana tahun lalu harus terkubur.