Ini Peluang Indonesia Untuk Lolos dari Fase Group AFF Suzuki Cup 2018

Ini Peluang Indonesia Untuk Lolos dari Fase Group AFF Suzuki Cup 2018

Unzilatur Rahmah
Rabu, 14 November 2018

Febry Haryadi Timnas U-23 - Photo: instagram PSSI
Bola.eMadura.com - Hingga 13/11/2018, Indonesia u-23 setidaknya sudah melakoni 2 pertandingan dalam ajang AFF Suzuki Cup 2018. Pada 9/11, Indonesia melawan Singapura di kandang lawan. Sedangkan pada 13/11, Indonesia melawan Timor Leste di kandang sendiri.

Hasil skor Indonesia vs Singapura ialah 0-1 untuk kemenangan Singapura. Sedangkan saat melawan Timor Leste, Indonesia menang dengan skor 3-1. Itu artinya, peluang Indonesia untuk lolos ke babak semifinal masih terbuka lebar.

Apalagi Singapura yang sebelumnya menang atas Indonesia, mengalami kekalahan saat laga kedua melawan Philipina. Kekalahan Singapura atas Philipina dengan skor yang sama-sama tipis 0-1, menggagalkan Singapura untuk berada di posisi puncak group B.

Sedangkan Thailand menang atas Timor Leste dengan skor telak, 7-0. Itu artinya, bila hitung-hitungan skor, Thailand sebagai juara bertahan AFF masih memimpin puncak klasemen group B. Sedangkan Indonesia berada di posisi kedua. Disusul oleh Philipina di posisi ketiga.

Bila dilihat dari klasemen sementera AFF Suzuki Cup 2018 group B, mau tidak mau, Indonesia harus menang di dua laga terakhir. Baik ketika berhadapan dengan Philipina maupun Thailand.

Bila Indonesia gagal mengalahkan Philipina, dan Philipina juga menang atas Timor Leste, maka posisi runner up akan hangus. Begitupula bila Thailand menang atas Singapura dan Philipina.

Namun demikian, apapun bisa terjadi selama pertandingan. Oleh sebab itu, kesempatan Indonesia untuk melaju ke semi final masih terbuka lebar.

Syukur kalau Indonesia bisa memenangkan dua laga terakhir. Mengingat kedua tim lawan Indonesia; Thailand dan Philipina bukanlah lawan yang bisa dianggap remeh. Keduanya merupakan tim yang sama-sama kuat.

Oleh sebab itu, pelatih Bima Sakti serta para pemain harus bekerja ekstra mengatur strategi. Performa serta optimalisasi skill pemain juga menentukan kemenangan Indonesia di sisa laga group.