AFF Suzuki Cup 2018: Peta Kekuatan Thailand Vs Indonesia

AFF Suzuki Cup 2018: Peta Kekuatan Thailand Vs Indonesia

Unzilatur Rahmah
Jumat, 16 November 2018

Photo: Instagram PSSI
Bola.eMadura.com -Timnas Indonesia akan bertemu Timnas Thailand pada Sabtu (17/11/2018) dalam ajang AFF Suzuki Cup 2018. Pertemuan terakhir kedua tim ialah pada laga final piala AFF tahun 2016 yang lalu.

Dalam pertemuan terakhir, Indonesia harus takluk dengan skor 2-0 untuk kemenangan Thailand. Membuat Indonesia harus puas dengan posisi sebagai runner up pada piala AFF musim lalu.

Pada pertemuan kali ini, merupakan laga yang sangat menentukan untuk timnas Indonesia. Mengingat pertandingan ini merupakan pertandingan ke-3 untuk Indonesia. Untuk Thailand merupakan pertemuan kedua.

Disebut sebagai laga penentuan, karena di dua pertandingan sebelumnya, Indonesia sudah pernah kalah oleh Timnas Singapura.

Pada pertemuan (17/11) nanti, Indonesia akan bertandang ke stadion Rajamanggala. Berikut ini peta kekuatan Timnas Thailand dan Indonesia untuk laga group B AFF Suzuki Cup 2018 nanti:

Kekuatan Timnas Thailand
Bertanding di kandang dan hadapan pendukung sendiri. Kekuatan ini tentu saja memberikan rasa percaya diri yang tinggi bagi mental pemain Timnas Thailand.

Berbeda dengan Timnas Indonesia yang bertamu. Dapat memiliki kemungkinan akan mengalami tekanan mental yang berat.

Juara bertahan
Raihan juara Timnas Thailand dalam ajang piala AFF tentu menjadi tambahan kepercayaan diri. Di atas kertas, Thailand jelas lebih unggul dibandingkan Indonesia.

Pemain mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan sangat efektif. Pada laga melawan Timor Leste, ball possesion tidak terlalu berpihak kepada Timnas Thailand. Namun pemain mampu menciptakan 7 gol tanpa balas. 6 gol bahkan diciptakan oleh satu pemain; Adisak Kraisorn.

Memiliki kiper yang bisa diandalkan
Selama laga melawan Timor Leste, kiper Timnas Thailand setidak melakukan penyelamatan gawang sebanyak 8 kali.

Kekuatan Timnas Indonesia
Memiliki pemain hebat seperti Andik Firimansyah, Evan Dimas dan Riko Simanjuntak. Pemain yang telah disebutkan tersebut memang memiliki permainan yang cukup bagus.

Andik merupakan pemain senior yang cukup berpengalaman berhadapan dengan Timnas Thailand. Evan Dimas merupakan eks pemain Timnas Indonesia U-19 yang membawa Indonesia sebagai juara di tingkatannya pada 2014 lalu.

Riko Simanjuntak baru memulai debut di piala AFF. Tetapi sudah mampu mencetak gol pada laga melawan Timor Leste.

Bisa tampil tanpa beban
Bertandang ke kandang Timnas Thailand memang memberikan sedikit tekanan mental.

Namun Timnas Indonesia bisa tampil tanpa beban bila berpikir positif. Timnas Indonesia memiliki beban harus mempertahankan posisi pada ajang AFF sebelumnya sebagai juara sebagaimana Timnas Thailand.