Lawan Jepang, Timnas Indonesia U-19 Bakar Semangat dengan Motivasi "Sumpah Pemuda"

Lawan Jepang, Timnas Indonesia U-19 Bakar Semangat dengan Motivasi "Sumpah Pemuda"

Unzilatur Rahmah
Minggu, 28 Oktober 2018

Latihan Timnas Indonesia U-19 Jelang Lawan Jepang - Photo:pssi.org
Bola.eMadura.com - Hari Sumpah Pemuda jatuh pada 28 Oktober 2018, momentum ini begitu dimanfaatkan oleh para penggawa Timnas U-19 yang akan berjuang melawan Jepang U-19 di perempatfinal AFC Cup U-19 di Stadion Gelora Bung Karno pukul 19.30 WIB.

Tentunya, dengan kemenangan akan membuat mimpi atlet sepakbola Indonesia terwujud untuk tampil di Piala Dunia 2019 di Polandia.

Yap, Indonesia telah memastikan dirinya melaju ke perempatfinal AFC Cup U-19. Di grup B, Indonesia sempat menelan kekalahan 5-6 dari Qatar, namun di laga pamungkas Egy Maulana dan kawan-kawan mampu menaklukkan Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-0. Tim Merah Putih pun keluar sebagai runner-up.

Sementara itu, calon lawan Indonesia yakni Jepang yang merupakan juara bertahan keluar sebagai juara grup A.

Bahkan Samurai Muda -julukan Timnas U-19 Jepang- telah melesakkan 13 gol ke gawang lawan. Artinya mereka begitu tajam selama tampil di turnamen.

Karena itu, Indra Sjafri mencoba
mengobarkan semangat pantang menyerah kepada para pemainnya dalam momen "sumpah pemuda" ini.

Betapa tidak, Jepang tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, pasalnya negeri Sakura itu pernah menjajah Nusantara selama 3,5 tahun.

“Lolos ke perempatfinal menjadi motivasi lebih bagi kami. Dan 28 Oktober adalah Hari Sumpah Pemuda, di mana saat itu Indonesia berjuang meraih kemerdekaan dari penjajah. Dan sekarang kami ingin merdeka di sepakbola,” ujar Indra, di SUGBK, Sabtu (27/10/2018) mengutip dari Pantau.com.

Perjuangan di babak grup menjadi motivasi ekstra Garuda Nusantara. Kini melawan Jepang yang memiliki segudang bakat tentu akan sulit, tapi tak ada yang sulit apabila dijalani dengan kerja keras dan motivasi tinggi.