Terkait Fasilitas: Berbagai Permasalahan Yang Muncul di Awal Pertandingan Cabang Sepak Bola Asian Games 2018

Terkait Fasilitas: Berbagai Permasalahan Yang Muncul di Awal Pertandingan Cabang Sepak Bola Asian Games 2018

SAKERA MEDIA
Rabu, 15 Agustus 2018

Bola.eMadura.com - Kick off pertama sepak bola putra Asian Games 2018 tepat pada 10 Agustus lalu. Mempertemukan antara Laos vs Hongkong di group A. Indonesia juga berada di group yang sama.

Itu artinya, para pemain dan official sudah harus berada di Indonesia sebelum pertandingan perdana dimulai. Semua fasilitas sudah harus dipersiapkan panitia. Namun ternyata, beberapa permasalahan masih dapat ditemui.

Timnas Vietnam Terpaksa ‘Latihan’ di Jalanan dan Lapangan Pabrik
Timnas Vietnam dan peserta group D yang lain sebetulnya dijadwalkan akan menggelar latihan di lapangan Sutasoma Halim, Jakarta Timur. Namun sebagaimana dilansir Kompas[.]com, lapangan ini milik TNI. Sehingga untuk masuk memerlukan izin khusus.

Saat jadwal latihan Vietnam tiba, permasalahan izin belum final. Akhirnya Timnas Vietnam terpaksa menunggu sambil latihan kecil dj jalanan.

Namun karena jarak antara penginapan dengan lapangan Sutasoma cukup jauh, Timnas Sepak Bola Vietnam memutuskan ditingkatkan di dekat hotel. Lapangan tersebut milik pabrik Samsung. Dengan kondisi lapangan yang tidak cukup baik.

‘Si Jalak Harupat’ Tak Bisa Dijajal Pemain
Di awal pertandingan, para pemain seharusnya bisa menjajal kondisi lapangan secara langsung. Dan harusnya itu sudah dijadwalkan oleh Panitia Pelaksana Asian games, INASGOC.

Tim yang akan bertanding di stadion Jalak Harupat Bandung ialah group E; Korea Selatan, Bahrain, Kirgistan dan Malaysia. Namun keempat tim tersebut tidak bisa menjajal lapangan sebelum bertanding.

Harapan pelatih Korea Selatan, para pemainnya minimal bisa menginjak rumput stadion untuk mengetahui kondisi lapangan. Namun harapan itu tidak bisa diwujudkan oleh pihak INASGOC karena terkait jadwal pertandingan yang ketat.

Gantinya, tim hanya diberi kesempatan untuk melihat-lihat kondisi lapangan.

Taiwan Tak Dapat Air dan Bola di Sesi Latihan Perdana
Timnas sepak bola Taiwan mengeluhkan tidak tersedianya fasilitas air dan bola resmi. Hal itu terjadi saat tim ini menjalani sesi latihan perdana di kompleks stadion Gelora Bung Karno.

Dengan sangat terpaksa, Brian Lim sebagai salah satu pemain Taiwan, melakukan protes kepada official.

Kondisi Ruang Media Center Stadion Patriot Tidak Nyaman
Dan yang terakhir ialah, keluhan datang dari awak media di media centre stadion Patriot Bekasi. Stadion ini digunakan untuk menggelar pertandingan group D; Jepang, Nepal, Vietnam dan Pakistan.

Salah satu awak media asal Jepang mengeluhkan perihal ruang media centre yang tidak nyaman. AC tidak berfungsi optimal, sehingga ruangan terasa panas. Ruangan juga banyak nyamuk yang mengganggu kenyamanan pekerjaan awak Media.

Itulah beberapa permasalahan terkait fasilitas dalam Cabang Sepak Bola Asian Games 2018. Apapun permasalahannya, kita berharap Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi Asian Games 2018.