Jelang AFC U-16, Ini Persiapan Timnas Indonesia

Jelang AFC U-16, Ini Persiapan Timnas Indonesia

SAKERA MEDIA
Kamis, 30 Agustus 2018

Bola.eMadura.com - Prestasi gemilang telah diraih Timnas sepak bola Indonesia U-16. Mereka mampu menjunjung piala AFF U-16 tahun 2018 ini.

Namun perjuangan belum selesai. Tetapi baru dimulai. Sebab mereka masih harus menghadapi level yang lebih tinggi; piala AFC U-16.

Timnas Indonesia U-16 lolos kualifikasi piala Asia. Mau tidak mau, mereka harus tetap menjaga performa. Kalau perlu meningkatkannya.

Pasca liburan usai piala AFF, Timnas Indonesia U-16 pun mulai mempersiapkan diri. Berbagai persiapan dilakukan pemain, pelatih maupun official untuk menyambut piala AFC.

Pemusatan Latihan di Medan
Saat ini, Timnas Indonesia U-16 sedang menjalani pemusatan latihan atau TC (Training Center). Lokasi TC terletak di Medan.

Pelatih Fakhri Husaini memiliki alasan kuat soal pemilihan lokasi. Hal ini dikarenakan Medan cukup dekat dengan Kuala Lumpur. Dimana Kuala Lumpur menjadi tempat pelaksanaan Piala Asia U-16 2018 nanti.

Menurut pelatih Fakhri, setidaknya sudah ada 18 pemain yang menjalani Training Center di Medan saat ini.

Mengistirahatkan 4 Pemain eks Piala AFF
Piala AFF diikuti oleh 23 pemain dalam setiap tim. Begitu pula dalam Piala AFC. Namun dalam TC di Medan, masih diikuti oleh 18 pemain.

Pasalnya, ada 4 pemain yang ‘diistirahatkan’ dan 1 pemain yang sedang menjalani terapi pasca cedera pada piala AFF.

4 pemain yang diistirahatkan tersebut karena memang tidak menjadi bagian tim saat proses kualifikasi piala AFC. Sehingga menurut pelatih Fakhri Husaini, memang tidak bisa diikutsertakan dan harus ada regulasi.

4 pemain tersebut ialah Dandi Maulana Hakim, Kartika Vedhayanto Putra, Fajar Fathur Rachman dan Yadi Mulyadi. Sedangkan 1 pemain yang sedang menjalani terapi ialah Hamsa Lestaluhu.

Menjadwalkan Beberapa Pertandingan Uji Coba
Selain menjalani TC di Medan, pihak PSSI menjadwalkan setidaknya 3 pertandingan uji coba. Pertandingan uji coba akan dilaksanakan kira-kira akhir Agustus hingga awal September nanti.

Menurut Joko Driyono, wakil ketua umum PSSI, Timnas Indonesia U-16 dipastikan akan melakoni pertandingan uji coba melawan Oman di Kuala Lumpur, Malaysia. Terkait kepastian jadwal, masih menyusul.

Itulah beberapa persiapan yang dilakukan Timnas Indonesia U-16 jelang AFC, 20 September 2018 nanti.