Aksi Terpuji Suporter Sepak Bola Indonesia Pada Ajang Asian Games 2018

Aksi Terpuji Suporter Sepak Bola Indonesia Pada Ajang Asian Games 2018

SAKERA MEDIA
Minggu, 19 Agustus 2018

Bola.eMadura.com - Sejak dulu kita mendengar citra negatif mengenak supporter sepak bola Indonesia. Baik yang memberikan dukungan kepada Timnas maupun kepada klub.

Ada yang melakukan perbuatan vandalisme dengan merusak fasilitas di stadion. Ada pula yang melakukan anarkisme dengan penyelenggara pertandingan, wasit, pemain lawan hingga sesama supporter.

Namun di luar citra negatif tersebut, supporter Indonesia masih menyisakan sikap positif. Terutama pada ajang pertandingan sepak bola Asian Games 2018 sebagaimana berikut:

Aksi Bersih-bersih Usai Pertandingan Indonesia Vs Taiwan
Aksi terpuji dilakukan oleh beberapa supporter Indonesia di Stadion Patriot Bekasi. Tepatnya pada laga Indonesia vs Taiwan.

Dalam video yang viral, memperlihatkan beberapa supporter Timnas Indonesia melakukan aksi memunguti sampah.

Aksi semacam ini tentu sedikit aneh di kalangan supporter lokal Indonesia. Namun sekaligus membanggakan. Sehingga diharapkan dapat menjadi contoh yang baik bagi supporter yang lain.

Bershalawat Saat Indonesia Melawan Palestina
Dalam pertandingan melawan Palestina, supporter Indonesia tidak hanya memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia. Tetapi juga memberikan dukungan kepada Timnas Palestina.  Seakan tidak ada istilah lawan dalam pertandingan tersebut.

Namun di luar itu, sebagian supporter membaca shalawat bersama-sama. Aksi ini mendapat apresiasi yang baik dari supporter lain yang juga hadir di Stadion Patriot.

Sayangnya, Indonesia harus menelan kekalahan saat melawan Palestina. Hal ini membuat posisi Indonesia di group A dan lolos dari fase group sedikit terancam.

Beri Dukungan Pada Timnas Palestina Saat Melawan Melawan Hongkong
Pertandingan antara Palestina vs Hongkong berlangsung sebelum pertandingan Indonesia Vs Laos. Namun sejak pertandingan Palestina Vs Hongkong, ada sebagian supporter Indonesia yang sudah ada di tribun.

Mereka datang untuk memberikan dukungan kepada Timnas Palestina. Kita ketahui bahwa persaudaraan antara Indonesia dengan Palestina cukup erat. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang melakukan penggalangan dana untuk konflik kemanusiaan di Palestina.

Berkat dukungan ini, Timnas Palestina berterima kasih ke ada masyarakat Indonesia yang telah mendukung mereka.