Wacana Peningkatan Jumlah Peserta Piala Dunia Menjadi 48 Kemungkinan Dipercepat

Wacana Peningkatan Jumlah Peserta Piala Dunia Menjadi 48 Kemungkinan Dipercepat

Aminullah
Kamis, 05 Juli 2018

Bola.eMadura.com - Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa piala dunia 2022 nanti akan digelar di Qatar.

Sebagai penguasa Federasi Sepakbola Dunia, FIFA berencana akan menambah peserta yang awalnya hanya 32 negara menjadi 48 negara.

Rencana penambahan peserta tersebut akan dipercepat. Yang awalnya pada piala dunia 2026 di Amerika, menjadi pada piala dunia 2022 di Qatar nanti.

Anggota konfederasi sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL) sejumlah 10 orang, telah secara resmi meminta Fifa untuk memajukan rencana tersebut. Itu artinya, diharapkan rencana penambahan peserta tersebut 4 tahun lebih cepat.

Permintaan ini disampaikan secara terbuka dalam konferensi tahunan CONMEBOL pada Kamis (12/04/2018) di Buenos Aires oleh Alejandro Domingoez. Surat terbuka tersebut langsung ditujukan kepada presiden FIFA Gianni Infantino.

Sebagai jawaban, Gianni Infantino langsung merespon positif desakan tersebut. Meski tidak langsung memastikan, presiden FIFA tersebut menyatakan keinginannya untuk memajukan rencana penambahan peserta piala dunia.

Usai menghadiri konferensi tahunan CONMEBOL, Gianni akan mempertimbangkan saran tersebut. Hanya saja, yang menjadi pertimbangan besar baginya ialah kesiapan Qatar sebagai tuan rumah.

Pasalnya, bila peserta ditambah, Qatar juga harus menambah lapangan pertandingan. Termasuk pula fasilitas penunjang bagi seluruh tim.

Sumber: IDN Times dan Kompas[.]com