5 Klub Sepakbola Terkaya di Indonesia 2017 Menurut Forbes

5 Klub Sepakbola Terkaya di Indonesia 2017 Menurut Forbes

SAKERA MEDIA
Rabu, 11 Oktober 2017

Bola.eMadura.com - Dengan digulirkannya kompetisi resmi Liga Indonesia, kontestan klub bola kian gencar mengevaluasi tim untuk menghadapi ajang perdana pasca pemutihan sanksi beku FIFA tersebut.

Salah satu evaluasi yang paling banyak dilakukan adalah dengan berbelanja pemain pada bursa transfer. Nah, untuk transfer pemain tersebut juga tidak bisa dilakukan dengan biaya yang sedikit. Dukungan sponsor dan juga dana segar dari pihak pihak swasta akan selalu dibutuhkan.

5 Klub Terkaya Di Indonesia 2017
Karena alasan inilah, majalah finansial dan bisnis asal Amerika Serikat, Forbes baru-baru ini menyoroti klub Tanah Air dengan merilis klub terkaya Indonesia. Forbes menyebutkan bahwa daftar klub terkaya tersebut dilihat dari berapa pengeluaran yang sudah dibukukan. Dan berikut ini adalah 5 klub terkaya asal Indonesia versi Fobes:

Persib Bandung
Klub Maung Bandung ini membuat dunia sepak bola geger. Pasalnya, nama pemain bola kelas dunia, yakni Michael Essien dan Carlton Cole mendarat pada tubuh klub ini. Berhasilnya klub yang dilatih oleh Djajang Nurjamah tersebut menjadikan Persib Bandung bertengger pada urutan pertama klub terkaya Indonesia.

Persebaya
Awal 2017 merupakan awal yang bagus bagi tim yang menjadikan kebanggan bagi Bonek tersebut. Eddy Rahmayadi menyebutkan bahwa Persebaya bisa bermain pada kompetisi kasta nasional. Menurut kabar dari Forbes, klub asal Surabaya tersebut masuk dalam klub terkaya karena memiliki pengeluaran yang besar, yakni Rp 2.19 triliun tahun 2017.

Persipura Jayapura
Walaupun mengalami kesulitan karena PT Freeport yang merupakan sponsor utamanya mencabut dukungannya, tetapi menurut Forbes, Persipura masuk kedalam urutan ke 3 klub terkaya di Indonesia. Pasalnya, tim yang mempunyai segudang pemain bertalenta tersebut mampu mengeluarkan biaya Rp 1,31 triliun untuk tahun 2017.

Mitra Kukar FC
Klub yang memiliki markas di Kalimantan Timur ini bisa dikatakan cukup belia dibandingkan klub lainnya. Walaupupun demikian, klub ini masuk jajaran klub terkaya versi Forbes dikarenakan memiliki pengeluaran yang besar. Tercatat bahwa klub ini sendiri pengeluarannya mencapai Rp 1.29 triliun.

Semen Padang
Semen Padang merupakan salah satu klub yang masuk semifinal Piala Presiden yang digelar pada tahun 2017 kemarin. Klub yang asalnya dari Sumatera Barat ini merupakan klub terkaya nomor 5 di Indonesia. Pasalnya, Forbes menemukan bahwa klub dengan julukan Kabau Sirah ini mampu mengeluarkan dana hingga angka Rp 1,26 trliun.

Itu tadi 5 klub terkaya di Indonesia yang dilihat dari pengeluaran yang masing-masing klub miliki. Dengan adanya finansial yang bagus tersebut, tentunya kita berharap agar sepak bola yang ada di Tanah Air mengalami kemajuan yang signifikan. Bukan hanya untuk klub saat bertanding di dalam  negeri saja. Namun, diharapkan bisa mengharumkan nama Indonesia pada ajang yang lebih tinggi.