5 Klub Sepakbola Indonesia Dengan Pendukung Terbanyak

5 Klub Sepakbola Indonesia Dengan Pendukung Terbanyak

Aminullah
Rabu, 11 Oktober 2017

Bola.eMadura.com - Ada beberapa klub yang mana memiliki pendukung yang banyak dan dikenal sangat logal. Klub mana yang mempunyai pendukung terbanyak tersebut? Berikut ulasannya?

Persib
Pemain Persib nampaknya harus berbangga karena mempunyai Viking. Hal tersebut disebabkan karena memang jumlah pendukung klub asal Bandung ini lebih dari 70 ribu untuk Jawa Barat sendiri Belum lagi di setiap daerah di Indonesia, Viking selalu menjamur.

Arema
Aremania yang merupakan pendukung klub Arema merupakan pendukung yang sangat mandiri karena segala kebutuhan dibiayai sendiri tersebut masuk jajaran pendukung terbanyak dan terloyal. Dimanapun daerah tempat klub tersayangnya bermain, Aremania selalu datang. Entah itu kalah ataupun menang hasilnya.

Persebaya
Pada awalnya, Bonek yang merupakan nama pendukung klub Persebaya ini merupakan pembentuk dari tradisi away supporters. Dan nampaknya, setiap pertandingan, pendukung ini selalu bisa dikatakan terjadi perkelahian. Entah dari kapan sifat tersebut muncul. Namun tetap saja, klub yang satu ini masuk kejajaran pendukung terbanyak dan paling loyal yang dimiliki oleh klub Persebaya.

Persija
Bisa dikatakan bahwa pemain Persija tetap bangga karena memiliki The Jakmania yang merupakan nama pendukung dari klub yang bermarkas di Jakarta tersebut. Awalnya, nama pendukung dari klub ini berdasarkan inisiatif dari manajer Persija dan langsung didukung penuh oleh Sutiyoso yang merupakan Gubernur Jakarta waktu itu.

PSM Makassar
Kelompok suporter klub PSM Makassar tersebut lahir pada tahun 2000. Ketika itu, tim Juku Eja harus kehilangan gairah bermain saat menghadapi Arema dalam lanjutan Liga Indonesia di Stadion Kanjuruhan, Malang, akibat teriakan yel-yel dari Aremania.

Untuk itu, pemain PSM Makassar meminta para suporter untuk berlatih meneriakan yel-yel penyemangat untuk menghadapi pertandingan selanjutnya. Atas permintaan tersebut, tiga orang suporter PSM Makassar yaitu, Amrullah Pase, Iriantosyah Kasim, Ocha Alim mengabulkan permohonan tim Juku Eja.

Ketiga orang tersebut mengajak seluruh kelompok suporter berlatih meneriakan yel-yel dengan bantuan latihan dari komando yang didatangkan langsung dari Pasoepati. Seiring berjalannya waktu, kelompok suporter PSM Makassar memiliki kekompakan untuk meneriakan yel-yel.

Akhirnya terbentuk The Macz Man atau singkatan dari Macazzart, yang mengambarkan laki-laki asli Makassar yang memulai untuk mendirikan kelompok suporter PSM Makassar. Saat ini, kepengurusan The MaczMan dipimpin oleh Ocha Alim.

The MaczMan sudah memiliki hampir 30 ribu basis suporter di seluruh wilayah Indonesia, khususnya wilayah Sulawesi dan Kalimantan. Sekretariat The Macz Man berada di Jalan Laccukang Makassar.