Profil Lengkap Khairallah Abdelkibr Gelandang Asal Maroko

Profil Lengkap Khairallah Abdelkibr Gelandang Asal Maroko

Widi Hermanto
Rabu, 02 Agustus 2017

Khairallah Abdelkibr - Foto :maduraunitedfc.com
Bola.eMadura.com - Setelah resmi merekrut gelandang bertahan asal Australia Cameron Watson yang menggantikan posisi Dane Milovanovic; Madura United kini telah melengkapi kuota pemain asing yang dapat dimiliki pada putaran kedua Liga 1.

Klub asal Madura tersebut telah resmi merekrut gelandang Khairallah Abdelkibr untuk mengisi kekosongan posisi setelah Boubacar Sanogo dicoret dari tim.

Laskar Sape Kerrap akhirnya memutuskan merekrut pemain tengah asal Maroko Khairallah Abdelkibr setelah dan mencoret nama pemain asal Brazil Gustavo Salguiero dan Andres Gregoire dari Pantai Gading yang sempat menjalani seleksi.

Nama Abdelkibr bukanlah nama baru di sepakbola tanah air mengingat pemain tengah tersebut sebelumnya pernah memperkuat Bhayangkara FC di tahun 2016 lalu.

Profil Pribadi Abdelkibr Khairallah
Abdelkibr Khairallah lahir di Maroko pada tanggal 20 September 1983. Pemain berusia 33 tahun tersebut mulai bermain di Indonesia pada tahun 2016 lalu saat memperkuat Bhayangkara SU di ajang kompetisi Indonesian Soccer Championship A.

Abdelkibr Khairallah yang memiliki istri seorang wanita asal Surabaya ini resmi direkrut Madura United untuk mengisi kekosongan satu posisi di kuota pemain asing setelah Boubacar Sanogo dicoret dari tim. Pemain dengan tinggi badan 175 cm tersebut dapat bermain di semua posisi menyerang di lini tengah baik itu sebagai gelandang serang ataupun pemain sayap.

Perjalanan Karir Sepakbola Abdelkibr Khairallah
Tidak banyak yang diketahui mengenai detail karir sepakbola seorang Abdelkibr Khairallah; namun pemain 34 tahun ini diketahui telah beberapa kali berpindah klub di negara asalnya Maroko dan beberapa negara lain.

Awal karir Khairallah Abdelkibr sebagai pemain yunior tidak banyak diketahui; namun ia memulai karirnya sebagai pemain profesional di klub asa Maroko Chabab Houara pada tahun 2005 dan bertahan di klub tersebut hingga tahun 2007.

Abdelkibr kemudian hijrah ke klub Fath Union Sport Rabat dan memperkuat klub tersebut antara tahun 2007 hingga tahun 2009. Kemudian Abdelkibr mulai memperkuat klub di luar Maroko dengan bergabung bersama klub Al Nasr Benghazi di liga sepakbola Libya pada tahun 2009.

Abdelkibr hanya bertahan selama 1 musim di klub tersebut dan kemudian kembali ke Maroko untuk memperkuat klub Jeunesse El Massira pada musim 2010/11. Pada awal musim 2011/12 Abdelkibr direkrut oleh klub Wydad Fes dan tampil di 8 laga bersama klub tersebut di Divisi 1 Liga Sepakbola Maroko.

Kemudian pada awal musim 2012/13 Abdelkibr pindah ke klub Ittihad Tanger yang juga berlaga di Divisi 1 Liga Sepakbola Maroko. Hanya bertahan semusim di Ittihad Tanger; Abdelkibr kemudian direkrut klub US Temara pada awal musim 2012/13.

Sedangkan di awal musim 2013/14; Abdelkibr kembali memiliki klub baru setelah bergabung dengan Racing Athletci Club Casablanca. ES Metlaoui menjadi klub asal Maroko yang terakhir dibela oleh Abdelkibr pada musim 2014/15 sebelum akhirnya hijrah ke Indonesia dan bermain untuk Bhayangkara FC.

Abdelkibr tampil di 32 pertandingan bersama Bhayangkara FC dan mencetak 4 gol. Setelah sempat memperkuat Club Malaisien di Malaysia pada awal 2017; Abdelkibr kembali bermain di Indonesia dan direkrut oleh Madura United.

Gaya Bermain Dan Kelebihan Khairallah Abdelkibr 
Meski pihak manajemen dan tim seleksi Madura United sempat mengeluarkan pernyataan ketiga pemain asing yang menjalani seleksi tidak memenuhi syarat, namun pada akhirnya nama Khairallah Abdelkibr ditetapkan sebagai pemain yang direkrut klub asal Madura tersebut.

Abdelkibr dikenal memiliki kelebihan sebagai pemain serba bisa untuk mengisi posisi menyerang di lapangan tengah. Abdelkibr juga mampu tampil konsisten semasa memperkuat Bhayangkara FC, ia tampil di 32 pertandingan meski hanya mencetak 4 gol.

Kemampuan bermain di sisi tengah lapangan ataupun melebar dapat memberi dimensi baru pada permainan Madura United di paruh kedua Liga 1 musim ini.