Profil Lengkap Cameron Watson, Gelandang Madura United Asal Australia

Profil Lengkap Cameron Watson, Gelandang Madura United Asal Australia

SAKERA MEDIA
Rabu, 02 Agustus 2017

Bola.eMadura.com - Madura United diperkuat oleh dua pemain asing baru pada putaran kedua Liga 1. Cameron Watson menjadi salah satu pemain asing baru yang akan memperkuat klub asal Madura tersebut. Watson dikontrak tim Sape Kerrap untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Dane Milovanovic.

Mantan pemain tim nasional Australia U-17 dan U-20 tersebut disebut – sebut manajer klub Madura United Haruna Soemitro sebagai pilihan utama untuk menggantikan Milovanovic yang tidak dapat bermain di putaran kedua Liga 1 karena cedera serius di bagian kepala dan sempat mengalami depresi.

Kepergian Milovanovic membuat Madura United memiliki peluang menambah satu pemain asing dari Asia. Sedangkan pada saat yang sama; tim juga membutuhkan seorang pemain yang dapat menjadi pilihan utama di posisi gelandang bertahan.

Cameron Watson Menjadi Pilihan Pelatih Gomes de Oliviera
Pelatih Gomes de Oliviera menyebut Cameron Watson merupakan pilihan ideal untuk mengisi pemain di posisi gelandang bertahan. Pelatih asal Brasil tersebut sempat memuji kemampuan Watson terkait akurasi umpan dan skill individu yang dimiliki.

Pemain asal Australia tersebut juga terbilang telah memiliki pengalaman yang luas setelah sempat memperkuat beberapa klub di A League Australia dan juga sempat memperkuat klub Bengaluru FC dari India.

Pemain dengan nama lengkap Cameron Alexander John Watson tersebut lahir di kota Melbourne, Australia pada tanggal 31 Mei 1987. Pemain yang kini berumur 30 tahun tersebut memiliki tinggi badan 184 cm; postur yang cukup ideal sebagai seorang pemain tengah.

Sejarah Karir Sepakbola Cameron Watson
Sebelum menjalani karir sebagai pemain sepakbola profesional; Cameron Watson memulai karir sebagai pemain yunior di akademi sepakbola Bulleen Zebras, VIC dan AIS di Australian. Kemudian antara tahun 2005 hingga 2006 Watson menjadi bagian dari tim yunior di akademi sepakbola FC Porto, Portugal sebelum bermain seebagai pemain senior di beberapa klub berikut ini:

  • Cameron Watson memulai karirnya sebagai pemain senior di klub VVV-Venlo Belanda pada musim 2006/07; ia tampil di 4 pertandingan tanpa pernah mencetak gol.
  • Kemudian Watson pulang ke Australia dan memperkuat Melbourne Knights selama 2 musim hingga tahun 2009. Ia tercatat bermain di 42 laga dan mencetak 8 gol.
  • Pada musim 2010/11 ia hijrah ke Oakleigh Cannons dan kemudian dipinjamkan ke Adelaide United untuk menggantikan opsisi Fabian Barbiero yang mengalami cedera. Cameron Watson kemudian secara resmi direkrut dan bermain untuk klub asal kota Adelaide tersebut di total 130 laga hingga tahun 2015
  • Cameron Watson kemudian hijrah ke Newcastle Jets pada musim 2015/16.
  • Cameron Watson sempat bermain di India bersama klub juara liga India Bengaluru FC pada musim 2016/17.
  • Sebagai pemain asal Australia; Watson pernah memperkuat tim nasional U-17 sebanyak 2 kali dan tim nasional U-20 sebanyak 5 kali.

Gaya Bermain Dan Kelebihan Cameron Watson
Cameron Watson terlahir dari keluarga pemain sepakbola; ayahnya yang bernama George Watson merupakan mantan pemain Stirling Albion di Divisi 1 Liga Sepakbola Sckotlandia sebelum hijrah ke Australia pada awal tahun 1980-an.

Watson dikenal memiliki umpan akurat dan kemampuan mengeksekusi bola mati. Kemampuan memberi umpan akurat yang dimiliki Watson tidak hanya saat melakukan umpan silang atau eksekusi bola mati, namun ia juga dikenal memiliki akurasi umpan jarak jauh yang sangat cocok jika dikombinasikan dengan karakter penyerag Peter Odemwingie.

Kelebihan lain yang dimiliki Watson ada pada kemampuan menguasai bola dan visi yang baik sebagai playmaker. Kemampuannya merebut bola dan menahan bola sebelum melakukan distribusi kepada pemain lain dapat menjadi nilai lebih bagi Madura United; terutama jika dimainkan bersama Slamet Nurcahyo yang selama ini bertugas sebagai jenderal lapangan tengah.