Profil Essein, Mantan Pemain Chelsea yang Resmi Merumput di Persib -->

Profil Essein, Mantan Pemain Chelsea yang Resmi Merumput di Persib

Mohammad Alfatih
Sabtu, 01 April 2017


Bola.eMadura.com - Belum lama ini Persib resmi memperkenalkan pemain baru yang akan mengisi kuota pemain asing, dia adalah Michael Essien. Sebenarnya sudah banyak rumor mengenai rencana Essien untuk merumput di klub nasional, kabar yang berkembang pun semakin simpang siur mana kala Manajer Persib Bandung, menyatakan bahwa pihaknya sedang mencari pemain asing untuk posisi striker bukan gelandang bertahan sehingga sempat muncul keraguan akan kebenaran kabar tersebut.
Kejelasan mengenai teka teki ini pun terjawab sudah saat Essien resmi diperkenalkan sebagai salah satu pemain Persib pada Maret 2017 di Graha PERSIB yang bertepatan dalam HUT PERSIB yang ke-84.

Bergabungnya Essien dalam klub kesayangan Jawa Barat ini pun disambut antusias oleh masyarakat Indonesia khususnya kota Bandung dan sekitarnya, terbukti Jersi bernomor punggung 5 yang tidak lain merupakan jersi yang akan digunakan Essien dalam laganya bersama Persib pun diserbu pembeli. Sebenarnya siapakan Essien? Kenapa keberadaannya begitu menyita perhatian? Selengkapnya berikut ini adalah profil dan perjalanan karir  Michael Essien.

Profil Michael Essein
Nama Lengkap :Michael Kojo Essien
Panggilan :Essien
TTL :Accra, Ghana 3 Desember 1982
Klub Saat Ini :Persib Bandung
Pasangan :Akosua Puni Essien
Anak :Michelle Essien, Michael Essien jr
Umur :35
Tinggi :177 m
Perjalanan Karir dan Prestasi Michael Kojo Essien
Seperti yang sudah disebutkan diawal bahwa dalam klub Persib, rencananya Essien akan menempati posisi geladang bertahan, posisi yang sama saat membela klub terdahulunya di Ghana. Sebagai seorang pemain gelandang, Michael Essien memiliki kemampuan menyerang dan bertahan yang baik, beberapa kali Essien juga sukses mencetak gol ke gawang lawan.

Meskipun sudah tidak muda lagi namun dengan kemampuannya ini diharapkan Michael Essien dapat membawa Persib berjaya di Liga 1 Indonesia yang akan dilaksakana pada pertengahan April mendatang.

Sebelum hijrah ke tanah Pasundan, Essien adalah mantan pemain sepak bola dalam tim nasional Ghana. Perjalanan karir Essien memang tidak bisa dianggap remeh, pemilik akun @MichaelEssien ini sempat membela beberapa klub sepak bola salah satunya adalah Chelsea. Dalam merekrut Essien, setidaknya Chelsea harus mengeluarkan biaya hingga €24.4 juta (366 miliar rupiah).

Dengan jumlah tersebut Essien didapuk sebagai pemain dengan biaya transfer termahal pada saat itu. Selama memperkuat Chelsea, Essien berhasil mencetak 17 gol dari 168 pertandingan yang sempat diikutinya selama 7 tahun merumput di Chelsea.

Essien memulai karir di Chelsea pada tahun 2005 dan berakhir 2014 silam. Dalam rentang waktu tersebut Essien sempat dipinjamkan ke beberapa klub populer lainnya seperti Real Madrid yaitu tepatnya pada 2012-2013. Dalam 20 laga, Essien  sukses mencetak 2 gol. Masih banyak lagi klub-klub sepak bola yang menjadi perjalanan karir seorang Michael Essien diantaranya adalah :

2000–2003 : Bastia  
2003–2005 : Lyon  
2005–2014 : Chelsea  
2012–2013 : Real Madrid (pinjaman)  
2014–2015 : Milan
2016            : Panathinaikos
2017 –          : Persib Bandung

Penghargaan
Selama karirnya, ada beberapa prestasi prestisius yang sudah dicapai Essien salah satunya adalah Penghargaan CAF sebagai pemain XI Terbaik Afrika. Essien menjadi pemain yang cukup diperhitungkan di Chelsea, bahkan para fans memilih Essien sebagai ‘Chelsea Player of The Year’ sebanyak satu kali. Essien juga sempat masuk nominasi penghargaan FIFA sebagai ‘World Player of The Year’ sebanyak dua kali serta nominasi Ballon d’Or, sebanyak dua kali.