Profil Lengkap Carlton Cole dan Kiprahnya sebelum di Pinang Persib -->

Profil Lengkap Carlton Cole dan Kiprahnya sebelum di Pinang Persib

Mohammad Alfatih
Sabtu, 01 April 2017

Profil dan Biodata Carlton Cole

Bola.eMadura.com - Jelang Liga Indonesia 1 2017, Persib kembali menggaet pemain-pemain berbakat untuk memperkuat performa tim dan lagi mantan pemain Chelsea resmi masuk dalam jajaran pemain propesional klub Persib, dia adalah Carlton Cole.

Bersama Michael Essien, nantinya Carlton Cole akan bermain untuk Persib Bandung dalam Liga 1 Indonesia. Nama Cole tidak terdengar asing bagi penggemar permainan sepak bola terutama yang mengaku fans dari klub sepak bola asal inggris tersebut.

Yup, setelah Vladmir Vujovic dan Shohei Matsunaga, Persib kembali menambah pemain asing dan Carlton Cole resmi dipinang untuk mengisi posisi penyerang dengan kontrak selama satu musim.

Tanda tangan kontrak pun sudah dilakukan pada 29 Maret yang lalu. Kejelasan mengenai kabar ini pun dibuktikan dengan konferensi pers yang dihadiri oleh manajer Persib Umuh Muchtar yang berlangsung di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung. Tentu ada beberapa alasan yang menyebabkan Persib akhirnya menjatuhkan pilihan pada pemain kelahiran Croydon tersebut khususnya dilihat dari latar belakang Cole yang telah bermain klub-klub top Liga Inggris.

Cole merupakan pemain sepak bola yang merumput di Liga Primer Inggris serta beberapa Liga internasional lainnya. Sebagai penyerang yang sudah sangat berpengalaman di dunia persepakbola profesional, keberadaan Cole memiliki pengaruh yang cukup besar khususnya di klub West Ham.

Cole tercatat memiliki kiprah yang gemilang hingga mengantarkannya menjadi salah satu timnas senior Inggris ketika diarsiteki Fabio Capello di tahun 2009. Untuk mengenal lebih dekat pemain keturunan Sierra Leon dan Nigeria ini,  berikut adalah profil singkat dan perjalanan karir Carlton Cole.

Profil Carlton Cole
Nama Lengkap :Carlton Michael George Cole Okorie
Panggilan :Cole
TTL :Croydon, England, 12 Oktober 1983
Kewarganegaraan :Inggris
Klub Sebelumnya :Sacramento Republic
Klub Saat Ini :Persib
Posisi :Penyerang
Umur :34
Tinggi :1.91 m
Perjalanan Karir dan Pencapaian Carlton Cole
Sebagai pemain sepak bola profesional Carlton Cole sudah marang melintang dalam berbagai laga internasional, tercatat sudah beberapa kali dipercaya untuk memperkuat beberapa klub besar. Setidaknya ada tujuh klub yang sudah dibela Cole sebelum berlabuh di klub sepak bola berjuluk ‘Maung Bandung’ tersebut dan publik mengenalnya sebagai salah satu pemain Chelsea.

Menjadi pemain Chelsea sendiri sudah dilakoninya sejak berada di tim junior, Cole sendiri merupakan bagian dari akademi sepak bola Chelsea yang resmi bergabung pada akhir 90-an. Dengan kemampuan dan kerja keras yang dilakukannya Cole mampu membuktikan bahwa dia pantas berada dalam tim sepak bola sekelas Chelsea, buktinya tidak lama kemudian Cole dipercaya untuk memperkuat tim senior.

Untuk dapat berada di tim utama, terlebih dahulu Cole harus bersaing dengan Hasselbaink dan Gianfranco Zola. Meskipun demikian ternyata karir Cole tidak bersinar di tim yang terkenal dengan julukan ‘The Blues’ tersebut. Total  Cole  hanya tampil di 25 pertandingan dengan menyumbangkan 4 gol.

Sejak memulai karier sejak 2001 hingga akhirnya resmi melepas seragam Chelsea di tahun 2006 dan selama berkarier profesional bersama Chelsea. Carlton Cole  pernah dipinjamkan Chelsea ke sejumlah beberapa klub yaitu Wolverhampton Wanderers (2002 – 2003), Charlton Athletic (2003 – 2004), dan Aston Villa (2004 – 2005 ). Lepas dari Chelsea, Cole masuk ke klub West Ham United di tahun 2006. Di tim berjulukan The Hammers, Cole berhasil mencetak 67 gol dan 33 assist sepanjang 293 kali pertandingan. Bukan hanya itu saja, bersama tim senior Cole juga mampu mencatatkan tujuh caps untuk tim nasional Inggris ditahun 2009 – 2010.

Berkarir di West Ham United dapat dikatakan cukup lama dijalani Cole, setelah 9 tahun kontak Cole dengan West Ham United beakhir pada tahun 2015. Kira-kira tiga bulan kemudian Cole memutuskan untuk hijrah ke Skotlandia untuk bermain bersama Celtic FC. Di salah satu klub top tersebut, Cole hanya tampil sebanyak empat kali dengan satu gol serta satu assist sebelum memutuskan untuk bergabung dengan Sacramento Republic yang tidak lain merupakan klub sepak bola asal Amerika Serikat dan berlaga di United Soccer League (USL) Agustus 2016. Sacramento Republic menjadi tim terakhir yang menaungi Cole, sebelum  dipinang Persib untuk berlaga di Liga Indonesia.

Selengkapnya berikut ini adalah klub-klub yang menjadi bagian dari perjalanan karier seorang Carlton Cole yaitu :

2001 – 2006 : Chelsea
2002 – 2003 : Wolverhampton Wanderers (pinjaman)
2003 – 2004 : Charlton Athletic (pinjaman)  
2004 – 2005 : Aston Villa (pinjaman)
2006 – 2013 : West Ham United
2013 – 2015 : West Ham United
2015 – 2016 : Celtic  
2016               : Sacramento Republic  
2017  -            : Persib

Selain tercatat sebagai pemain klub-klub sepak bola dunia, beberapa kali Carlton Cole juga sempat memperkuat tim nasional Inggris yaitu :

Inggris U19
2002 – 2003 : Inggris U20  
2003 – 2005 : Inggris U21  
2009 – 2010 : Inggris